Share

5 Olahraga untuk Melatih Daya Tahan Otot Jantung dan Paru-Paru, Nomor 1 Mudah Dilakukan

Insan Kamil Rizqilillah, Jurnalis · Minggu 25 September 2022 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 43 2674695 5-olahraga-untuk-melatih-daya-tahan-otot-jantung-dan-paru-paru-nomor-1-mudah-dilakukan-k8fYPJtUtr.jpg Berikut lima olahraga untuk melatih daya tahan otot jantung dan paru-paru (Foto: Scary Symptoms)

5 olahraga untuk melatih daya tahan otot jantung dan paru-paru, akan dibahas Okezone. Aktivitas olahraga secara rutin bisa memberi manfaat berupa peningkatan daya tahan kepada organ-organ tubuh manusia.

Sejatinya, manusia butuh kesehatan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Jika terdapat masalah pada jantung dan paru-paru, tentu dapat menimbulkan dampak yang cukup serius bagi tubuh.

Nah, olahraga juga dapat memperkuat otot jantung dan dapat memicu paru-paru supaya bekerja lebih keras dalam memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot. Pada dasarnya, orang yang tidak berolahraga dua kali lebih berisiko terkena penyakit jantung. Berikut lima olahraga untuk melatih daya tahan otot jantung dan paru-paru:

5. Berenang

5 Olahraga untuk Melatih Daya Tahan Otot Jantung dan Paru-Paru

(Ilustrasi berenang, foto: Istimewa)

Selain untuk menghilangkan stres, berenang juga memiliki banyak manfaat seperti melatih daya tahan otot jantung dan paru-paru. Berenang juga membuat seseorang melakukan latihan pernapasan seperti mengambil, menahan, dan mengeluarkan napas yang memiliki fungsi meningkatkan efektivitas paru-paru sehingga bisa bekerja lebih optimal dan sehat.

4. Bersepeda

5 Olahraga untuk Melatih Daya Tahan Otot Jantung dan Paru-Paru

(Ilustrasi bersepeda, foto: Unsplash/Markus Spiske)

Saat bersepeda, tubuh kita menggunakan otot pada kaki yang membantu meningkatkan detak jantung. Selain melatih daya tahan jantung dan paru-paru, bersepeda juga memiliki manfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah serta mampu membakar kalori.

3. Lari

5 Olahraga untuk Melatih Daya Tahan Otot Jantung dan Paru-Paru

(Agus Prayogo di PON, foto: PON XX Papua)

Lari merupakan salah satu olahraga pilihan untuk melatih daya tahan otot jantung dan paru-paru. Sebab, lari memiliki manfaat untuk melatih jantung, melancarkan peredaran darah, dan mampu membakar kalori. Ketika berlari, detak jantung bisa menyesuaikan dengan seberapa cepat gerakan yang dilakukan.

2. Yoga

5 Olahraga untuk Melatih Daya Tahan Otot Jantung dan Paru-Paru

(Ilustrasi yoga, foto: shutterstock)

Jika kamu malas atau tidak suka dengan olahraga yang terlalu berat, yoga adalah solusinya. Yoga mampu membangun kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengoptimalkan fungsi dari pernapasan.

1. Jalan Kaki

5 Olahraga untuk Melatih Daya Tahan Otot Jantung dan Paru-Paru

(Ilustrasi jalan kaki, foto: Istimewa)

Jalan kaki dapat membantu melatih kekuatan dan daya tahan jantung, serta mampu membakar kalori di dalam tubuh. Lari juga mempengaruhi distribusi darah yang terpusat pada jantung.

Jalan kaki memiliki efek jangka panjang dapat mencegah risiko serangan jantung. Jalan kaki bisa Anda lakukan dengan treadmill. Jika tidak mempunyai treadmill, Anda juga bisa melakukan jalan kaki berkeliling komplek rumah Anda, minimal 5.000 langkah perhari sehingga kesehatan jantung pun akan meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini