Share

Jenis Nomor-nomor Lari Jarak Pendek yang Jarang Orang Tahu

Aryo Hadi Wibowo, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 22:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 43 2673183 jenis-nomor-nomor-lari-jarak-pendek-yang-jarang-orang-tahu-ZIRAoS9ba4.jpg Berikut jenis-jenis nomor lari pendek yang jarang orang tahu (Foto: Reuters)

JENIS nomor-nomor lari jarak pendek yang jarang orang tahu, akan diulas di sini. Lari jarak pendek atau yang biasa disebut sprint memiliki nomor-nomor khusus dan kategori tersendiri.

Lari jarak pendek sendiri merupakan olahraga yang diperlombakan di ajang turnamen besar olahraga dunia. Adapun turnamen besar yang dimaksud adalah SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

Lari

Lari jarak pendek atau disebut sebagai sprint adalah salah satu olahraga lari dengan menempuh jarak pendek, dalam waktu singkat. Selain mudah untuk dilakukan, olahraga ini juga mempunyai banyak manfaat.

Adapun jenis nomor-nomor lari jarak pendek dan manfaatnya, seperti membakar kalori, meningkatkan ketahanan tubuh, dan melatih semua bagian tubuh. Salah satu atlet yang terkenal di dunia lari jarak pendek adalah Usain Bolt.

Sekdar diketahui, pelari asal Jamaika peraih medali emas Olimpiade Beijing itu merupakan pemegang rekor lari jarak pendek dari beberapa nomor. Adapun prestasi Usain Bolt itu meliputi, nomor 100 meter dengan catatan waktu 9,58 detik.

Dalam olahraga lari jarak pendek sendiri dibagi dalam macam jarak tempuh. Mengenai itu, nomor-nomor lari jarak pendek ini dibagi menjadi dua, yaitu lari jarak pendek indoor dan lari jarak pendek outdoor.

Secara jarak keduanya sama saja. Namun yang membedakan adalah venue dari perlombaan lari jarak pendek ini. Untuk jarak pendek indoor yang diperlombakan adalah 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Jarak itu berlaku bagi kategori pria dan wanita.

Ilustrasi Lari

(Ilustrasi lari jarak pendek)

Sedangkan untuk lari jarak pendek outdoor, tak jauh beda. Di antaranya, 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Untuk bisa menaklukkan lomba lari jarak pendek memerlukan latihan dasar.

Untuk latihan dasar ini sendiri bertujuan untuk mengembangkan percepatan dan kecepatan maksimum dalam lari jarak pendek. Bentuk latihan lari dengan kecepatan bertambah secara perlahan, dari pelan hingga kecepatan maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini