Share

3 Atlet Indonesia Tertua yang Cetak Sejarah, Nomor 1 Lahir pada Zaman Hindia Belanda dan Punya Harta Rp330 Triliun

Dimas Khaidar, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 43 2672535 3-atlet-indonesia-tertua-yang-cetak-sejarah-nomor-1-lahir-pada-zaman-hindia-belanda-dan-punya-harta-rp330-triliun-nx5WddED4O.jpg Berikut 3 atlet tertua yang cetak sejarah (Foto: Okezone)

SEBANYAK 3 atlet Indonesia tertua yang cetak sejarah, nomor 1 lahir pada zaman Hindia Belanda dan punya harta Rp314 Triliun akan diulas pada artikel ini. Olahraga memang merupakan salah satu yang banyak diminati oleh banyak kalangan.

Kalangan-kalangan tersebut tidak memandang usia, baik dari yang muda hingga yang tua. Namun, siapa sangka terdapat atlet dari sejumlah cabang olahraga yang usianya sudah dikatakan tidak muda lagi sehingga membuat mereka mencetak sejarah.

Beberapa atlet tersebut bahkan ada yang lahir pada zaman Hindia Belanda. Selain itu, total kekayaannya pun juga tidak sedikit.

Berikut 3 atlet Indonesia tertua yang cetak sejarah

3. Ryan Lalisang (41 tahun saat Sea Games 2021, raih emas ganda putra)

Ryan Lalisang

Ryan Lalisang masuk ke deretan atlet tertua di kontingen Indonesia yang berlaga pada SEA Games 2021. Ia merupakan atlet dari cabang olahraga boling asal Balikpapan.

Pria bernama lengkap Ryan Leonard Lalisang, ini telah mencatatkan dua prestasi pada SEA Games 2021 di Hanoi, yakni 1 medali emas dan 1 medali perunggu. Selain itu, pada tahun 2017 nama Ryan Lalisang berada di nomor 14 dalam daftar peboling terbaik Asia.

2. Dede Liu (49 tahun, atlet Indonesia tertua di SEA Games 2019)

Dede Liu

Dede Liu merupakan atlet dari cabang olahraga catur, usianya pun sudah tidak muda lagi. Ia menjadi atlet tertua kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2019.

Dede Liu yang turun di nomor ASEAN chess lahir pada 1970 atau pada saat itu berusia 49 tahun. Faktor usia tidak akan menunjukkan adanya kesinambungan regenrasi atlet di Indonesia dan usia juga bukan menjadi faktor pertimbangan utama untuk terpilih membawa nama Indonesia selagi sang atlet memiliki prestasi.

1. Michael Bambang Hartono (Atlet tertua di Asian Games 2018 (78 tahun). Raih Perunggu Asian Games 2018)

Michael Bambang Hartono

Dari sekian atlet yang mewakili nama Indonesia di ajang SEA Games 2018, terdapat nama Michael Bambang Hartono yang muncul sebagai atlet tertua Indonesia. Michael Bambang Hartono bertanding di cabang olahraga Bridge pada ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Michael Bambang Hartono merupakan atlet kelahiran 2 Oktober 1939. Pada kala itu, ia sudah menginjak usia 78 tahun. Meski usianya yang sudah tidak muda lagi, Michael Bambang Hartono merupakan seorang kapten tim, bahkan ia dianugerahkan medali emas dari World Bridge Foundation (WBF) dalam acara 60 tahun Asian Pasific Bridge Federation (APBF)

Selain itu, Michael Bambang Hartono memiliki kekayaan senilai USD22 miliar atau setara Rp330,7 triliun. Jika ditotalkan dengan sang adik, R Budi Hartono, kekayaan dari Hartono bersaudara mencapai USD44,9 miliar atau setara Rp674,9 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini