Share

Sejarah Bola Tangan, Teknik, dan Aturan Main

Insan Kamil Rizqilillah, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 43 2671778 sejarah-bola-tangan-teknik-dan-aturan-main-yinuvMADzh.jpg Berikut sejarah bola tangan, teknik, dan aturan main (Foto: Reuters)

SEJARAH bola tangan, teknik, dan aturan main, akan dibahas Okezone. Olahraga bola tangan mirip dengan sepak bola, tetapi tangan yang menjadi senjata utama. Bola tangan dimainkan oleh dua tim yang masing diperkuat tujuh pemain. Secara garis besar, bola tangan merupakan olahraga yang menggunakan tangan untuk segala hal, seperti memantulkan, melempar, dan memasukan bola ke dalam gawang.

Permainan bola tangan mulai populer saat dimainkan pertama kali di Eropa. Permainan bola tangan juga ternyata sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Pada zaman tersebut, bola tangan atau handball dikenal dengan โ€œurainaโ€.

Sejarah Bola Tangan, Teknik, dan Aturan Main

(Ilustrasi pertandingan bola tangan, foto: Reuters)

Organisasi resmi bola tangan pertama bernama International Amateur Handball Federation (IAHF) yang berdiri pada 1928. Pada tahun 1936, bola tangan untuk pertama kalinya dipertandingkan sebagai cabang olahraga (cabor) Olimpiade di Berlin. Bola tangan saat ini lebih populer dimainkan dalam ruangan (indoor), organisasi yang membawahi bola tangan secara profesional di Indonesia adalah Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI).

Teknik Dasar Bola Tangan

1. Melempar bola

Lemparan dilakukan untuk mengoper dari satu pemain ke pemain lainnya.

2. Menggiring bola

Menggiring bola dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan. Bola dapat dipantulkan ke lapangan atau dibawa sebanyak tiga langkah.

3. Menangkap bola

Pemain yang mendapatkan umpan dari rekan setimnya, akan menangkap bola dengan berbagai posisi, seperti menangkap bola di samping badan dan menangkap bola sambil menggelinding.

4. Menembak bola

Lemparan saat menembak harus kencang dengan arah yang tidak diduga oleh penjaga gawang lawan.

5. Lay up

Lay up merupakan salah satu teknik menaikkan bola dengan tujuan mendekati gawang lawan.

Aturan Permainan Bola Tangan

Permainan bola tangan tidak hanya mengandalkan tangan, tetapi juga kepala, lutut, dan paha. Bola tangan memiliki perbedaan jumlah pemain di dalam pertandingan indoor dan outdoor. Bola tangan indoor melibatkan tujuh orang yang berada di dalam lapangan. Sementara itu, bola tangan outdoor hanya melibatkan empat orang pemain dan empat orang cadangan.

Adapun waktu pertandingan dalam bola tangan, 2 x 30 menit dengan waktu istirahat 10 menit untuk putra. Pertandingan bola tangan untuk putri berlangsugn selama 2 x 20 menit dengan waktu istirahat sama seperti putra, yaitu 10 menit. Lapangan bola tangan memiliki ukuran resmi panjang 90-100 meter dan lebar 55-65 meter untuk standar internasional.

Ukuran bola yang digunakan, berbeda untuk putri dengan putra. Ukuran bola tim putra memiliki berat 425-475 gram. dan 325-400 gram untuk putri. Diameter bola juga berbeda, untuk tim putra memiliki keliling yang lebih besar, yaitu 58-60 cm. Untuk tim putri , ukuran keliling bola, yakni 54-56 cm.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini