Share

Bandingkan Gaya Permainan Coach Toro dan Milos Pejic, Widyanta Putra Teja Bilang Begini

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 36 2672266 bandingkan-gaya-permainan-coach-toro-dan-milos-pejic-widyanta-putra-teja-bilang-begini-8jIiYULEGW.jpg Widyanta Putra Teja bandingkan gaya bermain coach Toro dan Milos (Foto: MPI)

SALAH satu pemain Timnas Basket Indonesia, Widyanta Putra Teja membandingkan gaya permainan pelatih Rajko Toroman dan Milos Pejic, selama di Timnas Basket Indonesia. Menurutnya, kedua pelatih ini memiliki tipikal bermain yang beda.

Widi (sapaan akrab Widiyanta Putra) mengatakan di era kepelatihan Milos Pejic saat ini lebih fokus kepada permainan cepat. Sedangkan di bawah asuhan Rajko Toroman lebih menekankan pada permainan set play.

Milos Pejic

Hal itu, diungkapkan Widi di tengah pemusatan latihan (TC) Timnas Basket Indonesia tahap pertama di Jakarta jelang SEA Games 2023 di Kamboja. Sekadar diketahui, saat ini terdapat 20 pemain dalam tim yang mengikuti TC di Jakarta.

Nantinya, akan dipangkas menjadi 15 pemainm yang kemudian menjalani TC di Las Vegas, Amerika Serikat pada Oktober mendatang. Widi merupakan salah satu dari 20 pemain yang sedang mengikuti TC.

Pemain West Bandits Solo itu lantas membeberkan perbedaan gaya permainan yang diberikan oleh pelatih lama yakni Toro dan Pejic pada era sekarang. Menurutnya, kalau Coach Toro lebih fokus pada set play.

BACA JUGA:Timnas Basket Indonesia Gelar TC di Amerika Serikat Jelang SEA Games 2023, Jeremy Santoso Ungkap Alasannya 

Sementara untuk pelatih saat ini Milos Pejic terfokus untuk memainkan tempo cepat. Sebab, saat ini Timnas Basket Indonesia akan dihuni oleh banyak pemain muda.

"Dari latihan pertama kita ada transisi, secondary offense gitu-gitu. Kalau di Coach Toro sendiri waktu itu memang tidak ada, dia lebih ke set play," kata Widi kepada MNC Portal Indonesia di GBK Arena, Rabu (21/9/2022).

Timnas Basket Indonesia

"Mungkin Coach Milos juga melihat dari komposisi pemain sekarang yang muda-muda, lebih mau run and gun, fast break cepat. Itu diterapin mulai dari latihan minggu pertama sampai minggu kedua ini," sambungnya.

Lebih jauh, Widiyanta Putra Teja mengatakan kalau selama dua minggu latihan, mereka belum dijejali latihan bertahan. Milos Pejic lebih memberikan porsi latihan dasar kepada Indonesia Patriots (julukan Timnas Basket Indonesia).

"Untuk pertahanan masih belum kelihatan, memang fokusnya di dua minggu ini ke offense, cara kita spacing," imbuhnya

"Basic-basic fundamental lah namanya juga pemain-pemain muda kita butuh itu. Yang kita butuhin sebenarnya detail kecil seperti itu," tutup Teja.

Rencananya, Timnas Basket Indonesia akan menjalani TC di Amerika Serikat selama dua bulan. Tim polesan Pejic akan latihan bersama tim Impact Basketball dan melakukan laga uji coba dengan tim-tim lokal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini