Share

5 Atlet Indonesia yang Pernah Disambut Ratu Elizabeth II, Nomor 1 Selamatkan Muka Indonesia

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 43 2664147 5-atlet-indonesia-yang-pernah-disambut-ratu-elizabeth-ii-nomor-1-selamatkan-muka-indonesia-rhvWv0l8fz.jpg Berikut 5 atlet Indonesia yang pernah disambut Ratu Elizabeth II (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 atlet Indonesia yang pernah disambut Ratu Elizabeth II akan diulas dalam artikel ini. Kepergian Ratu Elizabeth II bukan hanya dirasakan oleh negeri Britania Raya saja.

Seluruh dunia pun berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis 8 September 2022 malam WIB. Termasuk Indonesia, yang punya kaitan erat dengan Ratu Elizabeth II.

Mengenai kaitan dengan Ratu Elizabeth II itu, sejumlah atlet Indonesia cukup beruntung lantaran mereka pernah disambut oleh mendiang Ratu Elizabeth II. Hal itu diketahui ketika kontingen Indonesia ikut dalam parade Olimpiade yang diadakan di London pada 2012 silam.

Saat itu, Ratu Elizabeth II turut memberikan sambutan di acara pembukaan Olimipade London 2012. Lantas, siapa saja atlet yang beruntung tersebut?

Berikut 5 atlet Indonesia yang pernah disambut Ratu Elizabeth II:

5. I Gede Siman Sudartawa

I Gede Siman Sudartawa

Di urutan kelima, ada I Gede Siman Sudartawa, salah satu atlet asal Bali, yang beruntung bisa disambut Ratu Elizabeth II. Diketahui ketika itu, atlet cabang olahraga renang itu turut membawa bendera Indonesia di Olimpiade London 2012. Sayangnya, I Gede Siman Sudartawa gagal membawa pulang medali untuk Tanah Air dari London.

4. Triyaningsih

Triyaningsih

Berikutnya ada Triyaningsih salah satu atlet yang masuk rombongan kontingen Indonesia di Olimpiade London 2012. Ketika itu Triyaningsih turun di cabang olahraga marathon.

Usianya saat itu baru menginjak 25 tahun, cukup belia untuk seorang atlet yang turun di Olimpiade. Meski sudah berusaha sekuat tenaga, ia pun gagal bersaing dengan atlet marathon top dunia lainnya. Triyaningsih harus gigit jari lantaran gagal mendulang medali satu pun di Olimpiade London 2012.

3. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir

Selanjutnya, ada pebulu tangkis senior Indonesia, Liliyana Natsir. Ketika itu usia Butet (sapaan akrab Liliyan Natsir) baru menginjak 26 tahun. Namun, ia sudah dipercaya terbang ke London untuk ikut Olimpiade di cabang olahraga bulu tangkis.

Bersama pasangannya di ganda campuran, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir pun turut membela Indonesia. Sayangnya, Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad gagal mendulang medali usai dikandaskan wakil Denmark, Joachim Fischer/Christinna Pedersen di perebutan medali perunggu (12-21 dan 12-21).

2. Eko Yuli Irawan

Eko Yuli

Kemudian, di urutan kedua ada Eko Yuli Irawan. Ya, atlet senior Indonesia ini turut serta dalam rombongan atlet Tanah Air, yang mentas di Olimpiade London 2012.

Tak hanya disambut Ratu Elizbateh II dalam pembukaan Olimpiade London 2012, Eko Yuli Irawan juga mengharumkan nama bangsa. Lewat cabang olahraga angkat besi, lifter kelahiran 24 Juli 1989 itu mempersembahkan medali perunggu bagi Indonesia.

1. Triyatno

Triyatno

Di urutan pertama ada Triyatno, salah satu kontingen Indonesia yang juga selamatkan muka negeri sendiri di kancah Olimpiade London 2012. Ketika itu, Triyatno masuk dalam rombongan perwakilan atlet Indonesia di Olimpiade London 2012.

Bukan hanya sekadar terbang ke London, pria kelahiran Lampung, 20 Desember 1987 itu berhasil membawa kabar baik bagi Indonesia. Ya, Triyatno sukses membawa pulang medali perak di cabang olahraga angkat besi 69kg.

Catatan itu menyelamatkan muka Indonesia di hadapan dunia. Bagaimana tidak, ketika itu Triyatno jadi satu-satunya atlet Indonesia yang berhasil mendulang medali perak, selain Eko Yuli Irawan, yang meraih medali perunggu. (HTE)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini