Share

8 Atlet Bulu Tangkis Putri Paling Sukses di Indonesia, Nomor 1 Baru Gantung Raket

Cita Zenitha, Jurnalis · Minggu 28 Agustus 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 28 40 2655888 8-atlet-bulutangkis-putri-paling-sukses-di-indonesia-nomor-1-baru-gantung-raket-9GmGvwPiAA.jpg Berikut 8 atlet bulutangkis putri paling sukses di Indonesia (Foto: PBSI)

SEBANYAK 8 atlet bulu Tangkis putri paling sukses di Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Ya, jika berbicara olahraga bulutangkis, bukan hanya persaingan sengit kaum adam saja yang kerap jadi sorotan.

Para wanita tangguh, juga sering menyita perhatian publik. Namun, perhatian publik yang dimaksud bukan hanya sekadar cantik saja. Akan tetapi, prestasi gemilang yang ditorehkan atlet bulu tangkis putri, juga membuat menyita perhatian publik.

Nah, mengenai itu, siapa saja sebenarnya atlet bulu tangkis putri yang dimaksud? Berikut 8 atlet bulu tangkis putri paling sukses di Indonesia:

8. Maria Kristin Yulianti

Maria Kristin

Di urutan kedelapan, ada Maria Kristin Yulianti. Pebulu tangkis kelahiran Tuban, Jawa Timur 25 Juni 1985 ini disebut sebagai salah satu suksesor Susi Susanti.

Bagaimana tidak, berkat dirinya, tunggal putri Indonesia diperhitungkan di kancah internasional. Sejumlah prestasi mentereng pernah ia raih. Salah satunya medali emas SEA Games 2007. Kemudian, ia juga pernah menyabet medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 usai menaklukkan Lu Lan (China), 11-21, 21-13, dan 21-15.

7. Debby Susanto

Debby Susantp

Selanjutnya di urutan ketujuh ada Debby Susanto, salah satu pebulu tangkis putri Tanah Air, yang mencuat bermain di sektor ganda campuran. Ya, Debby Susanto diketahui memiliki dua partner di ganda campuran.

Ia sempat dipasangkan dengan Muhammad Rijal dan Praveen Jordan. Namun, prestasi gemilangnya banyak ditorehkan ketika bersama Praveen Jordan.

Debby Susanto turut memenangkan turnamen. Salah satu yang paling dikenang adalah saat ia dan Praveen Jordan juara All England 2016. Mereka mampu menghajar Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark), dengan skor 21-12 dan 21-17.

6. Vita Marissa

Vita Marissa

Berikutnya ada Vita Marissa, salah satu atlet bulu tangkis putri yang sukses menorehkan banyak catatan bersejarah dalam dunia bulu tangkis. Ia pun pernah turun di sejumlah nomor, baik ganda campuran maupun ganda putri.

Meski begitu ia tetap mampu bermain apik. Ambil contoh ketika Vita Marissa dipasangkan dengan Liliyana Natsir di sektor ganda putri. Pasngan ini mampu juara SEA Games 2007 dan Indonesia Open 2008.

Kemudian, saat bersama Nova Widianto, keduanya sukses meraih juara SEA Games 2001 hingga turnamen Kejuaraan Asia 2003. Belum lagi ketika ia dipasangkan dengan Flandy Limpele. Pasangan tersebut sukses menyabet sejumlah turnamen yang digelar di bawah BWF, salah satunya Indonesia Open 2007.

5. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir

Kemudian ada Liliyana Natsir. Ya, kiprah wanita yang akrab disapa Butet ini memang tak perlu diragukan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Liliyana Natsir merupakan partner dari Vita Marissa di ganda putri.

Capaiannya sangat mentereng. Akan tetapi, Butet juga bermain di ganda campuran. Paling mentereng ketika ia dipasangkan dengan Tontowi Ahmad. Mereka berhasil menyabet gelar emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 silam.

4. Mia Audina

Mida Audina

Selanjutnya, ada kiprah mentereng dari Mia Audina, pebulu tangkis putri Indonesia, yang memiliki kisah unik dalam hidupnya. Ya, tunggal putri andalan Indonesia ini tampil mengesankan berkat cara mainnya.

Tak heran, ia mendapat julukan si anak ajaib. Sejumlah prestasi pun pernah ia raih. Di antaranya medali perak Olimpiade Atlanta 1996 hingga Indonesia Open 1998. Namun, pada akhirnya, ia berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Belanda dan bermain untuk bulu tangkis negeri Kincir Angin.

3. Verawaty Fajrin

Verawaty Fajrin

Selanjutny ada nama Verawaty Fajrin, salah satu atlet bulu tangkis putri Indonesia yang punya prestasi mentereng. Ya, dirinya berhasil menyabet sejumlah gelar juara di sektor tunggal putri maupun ganda putri.

Adapun prestasi yang paling gemilang ketika ia mentas sebagai tunggal putri. Verawaty Fajrin sukses memboyong gelar BWF World Championship 1980. Selain itu, ia pun sukses meraih juara Indonesia Open 1982. Namun, ia sudah meninggal pada 21 November 2021 silam.

2. Susi Susanti

Susi Susanti

Ya, berikutnya ada Susi Susanti. Nama ini tampaknya wajib dimasukkan ke dalam daftar atlet putri Indonesia tersukses. Bagaimana tidak, Susi Susanti mampu menorehkan rekor sebagai wakil Indonesia yang berhasil menduluang emas di Olimpiade Barcelona 1992.

Bukan hanya itu, Susi Susanti juga berhasil kawinkan emas dengan suaminya saat ini. Ya, pemain yang dimaksud adalah Alan Budikusuma, yang juga sukses meraih emas di sektor tunggal putra.

1. Greysia Polii

Greysia Polii

Di urutan pertama tentu Anda sangat familiar sekali dengan namanya. Ya, siapa lagi kalau bukan Greysia Polii. Salah satu putri terbaik Tanah Air ini memang punya kiprah yang menterenga.

Paling terbaru adalah ketika Greysia Polii bersama Apriani Rahayu menjadi ganda putri yang berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Mereka berhasil mengalahkan perwakilan China, Chen Qingcen/Jia Yifan dengan skor 21-19 dan 21-15.

Namun, Olimpiade Tokyo 2020 bisa jadi gelar terakhirnya di bulu tangkis. Sebab, Greysia Polii sendiri sudah memutuskan pensiun secara resmi pada 12 Juni 2022 silam.

Itulah 8 atlet bulu tangkis putri paling sukses di Indonesia. (HTE)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini