Share

Jelang FIBA World Cup 2023: Raffi Ahmad Ditunjuk sebagai Local Brand Ambassador FIBA World Cup 2023

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 36 2654590 jelang-fiba-world-cup-2023-raffi-ahmad-ditunjuk-sebagai-local-brand-ambassador-fiba-world-cup-2023-O9Jftuafut.jpg Raffi Ahmad (tengah) ditunjuk sebagai Local BA FIBA World Cup 2023. (Foto: Istimewa)

FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Basket 2023 akan diselenggarakan di Indonesia, Jepang dan Filipina pada 25 Agustus hingga 10 September tahun depan. Hari ini, Kamis (25/8/2022), Raffi Ahmad diperkenalkan sebagai Local Brand Ambassador (BA).

Perkenalan Raffi Ahmad sebagai Local BA FIBA World Cup 2023 dari Indonesia diumumkan langsung Ketua Joint Management Comitee (JMT) FIBA World Cup 2023, Cahyadi Wanda, di Notus Cafe, Senayan. Turut hadir Sekjen Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI), Nirmala Dewi.

Raffi Ahmad

Cahyadi mengungkapkan bahwa pemilihan Raffi sebagai BA bukanlah asal tunjuk saja. Akan tetapi, sudah melewati proses yang sesuai dengan arahan dari Federasi Bola Basket Dunia (FIBA).

"Memang syarat menjadi Local BA itu harus memiliki citra yang baik, ada keterikatan dengan olahraga basket, dan memiliki banyak fans. Dari nama-nama yang ada, Raffi Ahmad lah yang terpilih," kata Cahyadi kepada awak media.

"Alasannya karena semua kriteria tersebut ada di diri Raffi. Ia punya imej yang bagus, punya klub basket juga, dan banyak penggemarnya dari masyarakat luas," imbuhnya.

Raffi sendiri memang sudah terjun ke dunia bola basket dengan memiliki klub profesional RANS PIK Basketball. Timnya pun berkompetisi di Indonesia Basketball League (IBL) mulai musim 2022 ini dan berhasil mencapai perempat final.

Raffi Ahmad mengaku bangga bisa terpilih sebagai Local BA dari turnamen bola basket terakbar di dunia itu. Menurutnya, ini adalah bukti bahwa ia bisa berkontribusi untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

"Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya karena bisa berkontribusi untuk negara. Saya ingin mengajak semua pencinta basket untuk menjadi tuan rumah yang baik karena ini merupakan sejarah bagi bola basket Indonesia," ujar Raffi.

Raffi Ahmad

"Kita Indonesia jadi tuan rumah FIBA World Cup 2023, berarti ini saatnya kita menjadi langit. Maksudnya bintang-bintang yang tampil di sini kita tempel di langit kita," sambungnya.

Sayangnya, Timnas Bola Basket Indonesia tidak akan mentas di Piala Dunia Basket 2023. Meski begitu, Raffi tetap mengajak masyarakat Tanah Air untuk menyemarakkan FIBA World Cup 2023.

"Kita harus jadi tuan rumah yang baik, menjadi langit yang baik, kasih langit yang cerah, yang indah, jangan kasih mendung dan petir, supaya bintang-bintang itu jadi kenangan yang indah untuk dunia," jelas suami dari Nagita Slavina itu.

Lebih lanjut, Raffi menjelaskan bahwa tugasnya sebagai Local BA adalah untuk mempromosikan FIBA World Cup 2023 kepada masyarakat Indonesia. Ketenaran dan kepopulerannya diharapkan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk menyemarakkan turnamen tersebut.

Selain Raffi, Jepang dan Filipina yang juga menjadi tuan rumah bakal memiliki Local BA mereka masing-masing. FIBA juga akan menunjuk seorang BA internasional untuk mempromosikan turnamen tersebut.

Kemudian, Cahyadi mengatakan bahwa pada Minggu (28/8/2022) pukul 07.00 WIB, pihak panitia bakal meluncurkan penghitung waktu mundur menuju FIBA World Cup 2023. Acara tersebut akan digelar di Bundaran HI, Jakarta, bertepatan dengan acara Car Free Day.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini