Share

China, Indonesia atau Jepang yang Dominasi Gelar Juara BWF World Championship 2022

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2022 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 40 2649578 china-indonesia-atau-jepang-yang-dominasi-gelar-juara-bwf-world-championship-2022-AQEqeaujXI.jpg Anthony Ginting, salah satu tunggal putra Indonesia yang berlaga di BWF World Championship 2022 (Foto: PBSI)

CHINA, Indonesia, atau Jepang yang dominasi gelar juara BWF World Championship 2022? Ya, seperti diketahui BWF World Championship 2022 akan segera berlangsung.

Turnamen bergengsi bulu tangkis dunia ini bakal dimulai pada 22-28 Agustus 2022 mendatang di Tokyo, Jepang. Sampai saat ini seluruh peserta masih mempersiapkan diri. Namun, jika berbicara BWF World Championship, tentu tak terlepas dari tiga negara papan atas, yang diunggulkan.

Chen Qingchen/Jia Yifan

(Salah satu ganda putri China Chen Qingchen/Jia Yifan)

Ya, ketiga negara itu adalah China, Indonesia, dan Jepang. Bukan tak melihat negara lain, akan tetapi wakil dari ketiga negara ini memang langganan juara BWF World Championship.

Jika dilihat secara keseluruhan, China memang lebih dominan, ketimbang Indonesia maupun Jepang. Dalam lima tahun terakhir, wakil dari negeri Tirai Bambu itu tampil menggila.

Ambil contoh ketika BWF World Championship 2015. Tiga wakil China dari nomor berbeda jadi juara. Chen Long sukses meraih juara di nomor ganda putra. Kemudian, Zhao Yunlei/Tian Qing, jadi yang terbaik di ganda putri. Sementara Zhang Nan/Zhao Yunlei sukses mengamankan juara di ganda campuran.

Sedangkan wakil Indonesia, hanya Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan yang berhasil mengamankan gelar di sektor ganda putra. Sementara Jepang, tidak berhasil merebut gelar juara di BWF World Championship 2015.

Namun, jauh sebelum itu, Indonesia sempat menguasai gelar juara. Ya, pada BWF World Championship 1980 empat dari lima nomor yang dipertandingkan berhasil diborong oleh wakil Indonesia!

Dari tunggal putra ada Rudy hartono. Kemudian, Verawaty Wiharjo menang di nomor tunggal putri. Lalu, Ade Chandra/Christian Hadinata (ganda putra), dan Christian Hadinata/Imelda Wiguno (ganda campuran). 

Ya, torehan itu cukup memperlihatkan bagaiamana dominasi China dan Indonesia, jika menilik sejarah. Akan tetapi, jangan lupakan Jepang. Negeri Sakura itu seperti memperlihatkan perkembangannya dalam empat tahun terakhir. Ditambah mereka berstatus tuan rumah tahun ini.

Chiharu Shida

(Ganda putri Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida)

Dua wakil Jepang, Akane Yamaguchi (tunggal putri) dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (ganda putra) berhasil menyabet juara BWF World Championship 2021. Sebelumnya, di BWF World Championship 2018 dan 2019, Mayu Natsumoto/Wakana Nagahara (ganda putri) sukses memenangkan juara dua tahun beruntun.

Jadi, memang tak heran jika China, Indonesia, dan Jepang masuk dalam kotak unggulan di BWF World Championship 2022. Kemudian, timbul pertanyaan lagi, siapa yang akan tampil dominan? Tampaknya pertanyaan itu tak mudah untuk dijawab.

Terlebih, jika melihat catatan pesaing lainnya, seperti Denmark ataupun Korea Selatan, yang makin menggila tahun ini. Namun, terlepas dari itu semua, BWF World Championship 2022 akan menarik untuk disaksikan.

Indonesia sendiri dipastikan mengirim 15 wakilnya di BWF World Championship 2022. Nama seperti Marcus Gideon/Kevin Sanjaya hingga Anthony Ginting turut serta di ajang tepok bulu bergengsi dunia ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini