Share

Potensi Perang Saudara di BWF World Championship 2022 Sektor Ganda Putra, Fajar Alfian: Tidak Penting

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 40 2648242 potensi-perang-saudara-di-bwf-world-championship-2022-sektor-ganda-putra-fajar-alfian-tidak-penting-BwPqQiIRaS.jpg Fajar Alfian tidak ambil pusing dengan potensi perang saudara sektor ganda putra di BWF World Championship 2022. (Foto: Maulana Yusuf/MPI)

UNDIAN ganda putra BWF World Championship 2022 memang kurang menguntungkan tim Indonesia, sebab tiga pasangan berpotensi menjalani perang saudara. Akan tetapi, bagi Fajar Alfian, itu tidak penting!

Fajar Alfian tak terlalu mementingkan hal tersebut karena ini adalah turnamen individual. Siapa yang lebih siap, mereka yang akan memenangi pertandingan meski harus melawan rekan senegara.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Dari hasil undian BWF World Championship 2022, tiga pasangan ganda putra Tim Merah-Putih, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berada di pool atas. Itu artinya, mereka berpeluang akan saling bertemu satu sama lain.

Minions -julukan Marcus/Kevin- berpeluang bentrok dengan Fajar/Rian di babak perempat final. Sementara itu, The Daddies -julukan Ahsan/Hendra- menunggu mereka di semifinal. Tentunya skema itu bisa terjadi jika mereka bisa memenangi laga-laga sebelumnya.

Asisten Pelatih Ganda Putra Indonesia, Aryono Miranat, pun mengatakan hasil undian tersebut punya plus-minus untuk anak buahnya. Keuntungannya, jika terus menang, satu wakil Indonesia bisa dipastikan berada di semifinal dan bahkan final. Tetapi itu bisa merugikan karena satu pasangan berpotensi terhenti lebih awal.

Kendati demikian, Fajar Alfian ogah ambil pusing mengenai hasil undian tersebut karena turnamen Grade-1 BWF itu merupakan ajang individual. Oleh karena itu, Fajri -sebutan Fajar/Rian- hanya ingin fokus per satu di setiap pertandingan agar bisa melangkah sejauh mungkin.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

“Ya, kalau menurut saya pribadi undiannya memang ada tiga pasangan di atas dan satu pasangan di pool bawah untuk ganda putra. Tapi kita tak terlalu mementingkan hasil undian karena ini adalah turnamen individual, kita fokus aja satu per satu pertandingannya, itu saja sih,” kata Fajar dalam konferensi pers virtual, Senin (15/8/2022).

Berstatus sebagai unggulan kelima, perjuangan Fajri di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 pun langsung dimulai pada babak 32 besar karena mereka mendapat bye di fase 64 besar. Mereka menunggu pemenang laga antara Hiroki Okamura/Masayuki Onodera (Jepang) dengan Attri Manu/Reddy B. Sumeeth (India).

Sementara itu, The Minions juga mendapat bye dan mendapat calon lawan antara Gib Beletov/Mykhaylo Maknovsky (Ukraina) dengan Jermoir Janacek/Tomas Svejda (Republik Ceko).

Hal yang sama juga terjadi pada Ahsan/Hendra, mereka juga langsung masuk babak 32 besar dan menanti pemenang pertandingan antara Lucas Corvee/Ronan Labar (Prancis) dengan Adham Hatem Elgamal/Ahmed Salah (Mesir).

Sedangkan, satu pasangan ganda putra Indonesia lainnya, yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, berada di pool bawah. Mereka juga mendapat bye dan akan berhadapan dengan pemenang laga antara Alexander Dunn/Adam Hall (Skotlandia) vs Job Castillo/Luis Armando (Meksiko).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini