Share

Tertekan karena Berstatus Unggulan Kedua, Carlos Alcaraz Kalah di 32 Besar Canadian Open 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 14 Agustus 2022 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 40 2647592 tertekan-karena-berstatus-unggulan-kedua-carlos-alcaraz-kalah-di-32-besar-canadian-open-2022-LFvwRklVHl.JPG Petenis asal Spanyol, Carlos Alcaraz. (Foto: Reuters)

MONTREAL – Petenis asal Spanyol, Carlos Alcaraz merasa gugup tampil sebagai unggulan kedua di ajang Canadian Open 2022. Alhasil, tekanan itu membuat permainan Alcaraz menjadi buruk dan ia pun pada akhirnya tersingkir di babak 32 besar usai dikalahkan Tommy Paul (Amerika Serikat).

Alcaraz menjalani tahun yang hebat sepanjang 2022 ini. Peringkatnya jauh melesat dari ranking 20 besar hingga kini berada di peringkat empat dunia.

Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, bintang muda Spanyol itu berpeluang besar untuk memecahkan rekor sebagai petenis nomor satu dunia termuda. Saat ini, Lleyton Hewitt masih memegang rekor tersebut di usia 20 tahun 8 bulan dan 23 hari.

Carlos Alcaraz

Akan tetapi, Tampaknya Alcaraz masih belum siap dari segi mental untuk menyandang status tersebut. Pasalnya, dia mengaku tak mampu menguasai tekanan yang ada padanya ketika berstatus sebagai unggulan kedua di Canadian Open 2022.

Dalam babak 32 besar yang berlangsung pada Rabu, 10 Agustus 2022 lalu, petenis kelahiran Murcia itu ditekuk oleh Tommy Paul dari Amerika Serikat. Meski sempat menang 7-6 tie break 7-4 pada set pertama, dia kalah pada dua gim berikutnya dengan skor 6-7 tie break 7-9 dan 3-6.

“Saya tidak bisa menunjukkan penampilan terbaik saya di sini. Yang bisa saya katakan adalah bahwa ini adalah pertama kalinya saya tidak bisa mengatasi tekanan,” kata Alcaraz dilansir dari Tennis World, Minggu (14/8/2022).

“Saya merasakan tekanan untuk menjadi unggulan nomor dua di turnamen semacam ini dan nomor empat di dunia. Ini adalah pertama kalinya saya merasakan tekanan itu dan saya tidak bisa mengatasinya,” imbuhnya.

Kendati demikian, tekanan tersebut tak membuatnya berlama-lama terpuruk. Dia berambisi untuk melatih mentalnya dalam menangani tekanan yang besar yang pasti akan selalu didapatnya dalam turnamen-turnamen berikutnya.

Carlos Alcaraz

“Saya harus berlatih, saya harus siap menghadapi tekanan ini, memiliki momen seperti ini dan belajar bagaimana caranya untuk menanganinya,” ujar petenis berpostur 185 cm itu.

Saat ini, Alcaraz berselisih 2.800 poin dengan petenis ranking satu dunia, Daniil Medvedev. Jika ingin memecahkan rekor tersebut di atas, dia tidak boleh bersantai-santai dan harus mendulang banyak poin di turnamen berikutnya, yakni Cincinnati Masters 2022 dan Amerika Serikat Terbuka 2022 serta Paris-Bercy dan Nitto ATP Finals 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini