Share

8 Manfaat Olahraga Jumping Jack

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2022 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 43 2647020 8-manfaat-olahraga-jumping-jack-GKbAOaiCMY.jpg Berikut delapan manfaat olahraga jumping jack (Foto: Istimewa)

8 manfaat olahraga jumping jack, akan dibahas Okezone. Jumping jack serupa dengan sit up, keduanya digunakan untuk melatih kekuatan otot (strength).

Jumping jack menjadi salah satu gerakan olahraga yang cukup mudah dilakukan. Oleh sebab itu, gerakan ini kerap menjadi variasi latihan kekuatan otot.

8 Manfaat Olahraga Jumping Jack

(Ilustrasi jumping jack, foto: Istimewa)

Gerakan satu ini tak serta-merta gerakan berdiri tegak, kemudian lompat kecil dengan merentangkan tangan ke atas. Namun, lebih dari itu, jumping jack memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Melansir dari Organic Facts, Sabtu (13/8/2022), berikut delapan manfaat olahraga jumping jack:

8. Jaga Kesehatan Jantung

Meningkatkan detak jantung selama berolahraga termasuk salah satu cara terbaik untuk menjaga peredaran darah secara alami. Dengan rutin melakukan jumping jack, Anda bisa terhindar dari aterosklerosis, serangan jantung, dan penyakit jantung koroner.

7. Turunkan Berat Badan

Saat detak jantung meningkat, metabolisme tubuh juga ikut meningkat sehingga mendorong lebih banyak pembakaran lemak dan kalori. Jumlah kalori yang dibakar akan tergantung pada berat badan. Meski begitu, latihan gerakan ini bisa membantu menurunkan berat badan.

6. Turunkan Tingkat Stres

Berolahraga tak hanya menyehatkan namun juga dapat menghilangkan stres secara alami. Sebab, aktivitas fisik akan menyebabkan berbagai proses kimia terjadi, termasuk yang melepaskan endorfin, yang dapat membuat merasa berenergi dan bebas stres.

5. Sebagai Pemanasan

Jumping jack adalah latihan yang ideal sebelum sesi latihan penuh. Sebab, gerakan sederhana ini mampu meningkatkan detak jantung tanpa melelahkan otot.

8 Manfaat Olahraga Jumping Jack

(Ilustrasi jumping jack, foto: Istimewa)

4. Tingkatkan Fleksibilitas Tubuh

Berlatih jumping jack secara teratur bisa menghasilkan fleksibilitas dan menambah massa otot di bagian bahu, lengan, pinggul, dan kaki.

3. Latihan Komprehensif

Jumping jack termasuk latihan untuk seluruh tubuh. Artinya, gerakan ini bisa menjadi cara yang efisien untuk melatih lebih dari satu kelompok otot secara bersamaan.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jika merasa stamina fisik berkurang, latihan dasar ini dapat membantu secara bertahap meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang optimal.

1. Keseimbangan dan Koordinasi

Saat tubuh lelah umum menjadi lebih sulit dalam melakukan latihan ini. Sehingga, jika latihan ini dilakukan secara bertahap dapat menjadi cara untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini