Share

4 Pebulu Tangkis Dunia yang Jago Berbahasa Indonesia, Nomor 1 Juara Dunia asal Spanyol

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 40 2646758 4-pebulu-tangkis-dunia-yang-jago-berbahasa-indonesia-nomor-1-juara-dunia-asal-spanyol-an40aUuTlG.jpg Berikut 4 pebulu tangkis dunia yang jago berbahasa Indonesia. (Foto: Instagram/@carolinamarin)

SEBANYAK 4 pebulu tangkis dunia yang jago berbahasa Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Satu dari empat pebulutangkis tersebut adalah Carolina Marin (Spanyol) yang merupakan tiga kali juara dunia nomor tunggal putri.

Bahasa Indonesia mulai dikenal para atlet bulu tangkis setelah berkunjung ke Tanah Air. Tak jarang, para pebulu tangkis dunia ikut belajar bahasa setempat, mengingat Indonesia merupakan salah satu kiblat olahraga bulu tangkis dunia.

Untuk Carolina Marin sendiri, ia bahkan sempat lama berlatih di Pelatnas PBSI Cipayung. Lantas, siapa saja pebulu tangkis dunia yang jago berbahasa Indonesia?

Berikut 4 Pebulutangkis yang Jago Berbahasa Indonesia:

4. Mathias Christiansen (Denmark)

Mathias Christiansen

Mathias Christiansen merupakan pebulutangkis asal Denmark yang jago berbahasa Indonesia. Christiansen sempat menunjukan kemampuannya berbahasa Indonesia dalam beberapa kesempatan.

Salah satunya ketika menemui wartawan Okezone, Bagas Abdiel, di The Westin Resort, Bali pada Senin 15 November 2021. Saat itu, Christiansen tengah mengikuti ajang Indonesia Badminton Festival 2021.

Ia juga sempat menemui staf The Westin Resort untuk bertanya-tanya. Sontak, staf hotel itu terkejut dengan penuturan Bahasa Indonesia Christiansen yang cukup fasih. Selain itu, Christiansen juga sempat berbicara dengan Bahasa Indonesia kepada wartawan ketika perhelatan Indonesia Masters 2022.

3. Lianne Tan (Belgia)

Lianne Tan

Lianne Tan menjadi sorotan setelah berbicara menggunakan Bahasa Indonesia dengan pelatihnya di gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu, Lianne terdengar fasih ketika berbicara dengan pelatihnya, Indra Bagus Ade Candra.

Momen itu terjadi saat Lianne Tan bersua dengan Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia) dalam partai terakhir Grup M nomor tunggal putri Olimpiade Tokyo 2020. Kala itu, Lianne Tan kalah dari Gregoria Mariskan dalam dua gim (21-17, dan 21-11).

Usut punya usut, ternyata Lianne Tan merupakan pebulu tangkis keturunan Indonesia, sama dengan pelatihnya. Karena itu, tak heran Lianne Tan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai media komunikasi dengan sang pelatih.

2. Hans-Kristian Solberg Vittinghus (Denmark)

Vittinghus

Selain Mathias Christiansen, Hans-Kristian Solberg Vittinghus (HK Vittinghus) juga dikenal sebagai pebulutangkis Denmark yang tertarik mempelajari Bahasa Indonesia. Bahkan, HK Vittinghus sudah mengikuti sertifikasi di Copenhagen, Denmark.

Kepastian sertifikasi tersebut pun keluar pada 29 Juli 2022 silam. HK Vittinghus mengikuti kursus Bahasa Indonesia terhitung sejak 20 Januari-30 Juni 2022. Pada beberapa kesempatan di perhelatan Indonesia Masters 2022, HK Vittinghus sempat menunjukan kebolehannya berbahasa Indonesia.

Sama seperti Christiansen, HK Vittinghus mempunyai motivasi yang serupa ketika belajar Bahasa Indonesia. Pebulu tangkis ranking 19 dunia itu ingin berinteraksi lebih dekat dengan penggemar bulutangkis di Indonesia.

1. Carolina Marin (Spanyol)

Carolina Marin

Carolina Marin tercatat sebagai satu-satunya pebulutangkis putri dalam daftar ini. Seperti dikisahkan El Pais, Carolina Marin ternyata mahir berbahasa Indonesia kala berkunjung ke Tanah Air untuk bertanding di Indonesia Masters 2019.

Kala itu, Carolina Marin terjebak macet dan harus bertanya kepada supir taksi. Menariknya, pebulutangkis asal Spanyol itu bertanya dengan Bahasa Indonesia. Sontak, sang supir terkejut sekaligus kagum dengan Carolina Marin.

Caroloina Marin ternyata mempelajari Bahasa Indonesia secara otodidak karena ingin mengobrol dengan para pebulu tangkis asal Tanah Air. Sayangnya, Carolina Marin harus absen dalam banyak turnamen karena mengalami cedera ACL. Jika tidak cedera panjang, mungkin gelar juara dunia milik Carolina Marin lebih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini