Share

Sirkuit Mandalika Tak Gelar Latihan Pramusim MotoGP 2023, Begini Penjelasan Dirut MGPA

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 38 2645602 sirkuit-mandalika-tak-gelar-latihan-pramusim-motogp-2023-begini-penjelasan-dirut-mgpa-eI9kZvppVj.jpg Sirkuit Mandalika tak jadi tempat pramusim MotoGP 2023 (Foto: Twitter/@motogp)

SALAH satu arena balapan kebanggaan Indonesia, Sirkuit Mandalika tak jadi venue pramusim MotoGP 2023. Hal itu menyusul Sirkuit Algarve, Portugal, yang dijadikan tempat pramusim MotoGP 2023.

Mengenai hal tersebut, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, pun buka suara. Ia menjelaskan alasan mengapa Sirkuit Mandalika tak lagi jadi tempat pramusim MotoGP musim depan.

Sirkuit Mandalika

“Kita MGPA kan sempat menggelar pre-season di Mandalika pada Februari 2022 kemarin. Itu terjadi setelah balapan WSBK di bulan November (2021). Kita mendapat banyak catatan dari Dorna dan juga FIM, mulai dari saran yang harus dilakukan dan juga sebaiknya jangan dilakukan,” kata Priandhi Satria dalam keterangan MGPA, Rabu (10/8/2022).

“Dasarnya dari situ dan kemudian kami berdiskusi dengan Dorna. Karena Mandalika itu belum dapat nilai A untuk MotoGP yang digelar bulan Maret kemarin, maka dari itu mereka menyarankan bahwa Mandalika menggelar latihan di tengah pramusim untuk dicoba oleh para pembalap,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Dorna Sport telah mengumumkan jadwal pramusim MotoGP 2023 pekan lalu. Namun, Sirkuit Mandalika, tak muncul dalam daftar yang diumumkan oleh Dorna.

Sebagai gantinya, pada latihan pramusim tahun depan, Fabio Quartararo dan kolega bakal mentas di Sirkuit Algerve, Portugal pada 10-12 Februari 2023. Namun, sebelum itu mereka akan tetap melakukan pengetesan awal alias shakedown di Sepang, Malaysia seperti tahun lalu.

Pengumuman yang diberikan oleh Dorna tersebut jelas menimbulkan tanda tanya bagi publik Tanah Air. Mereka mempertanyakan mengapa Sirkuit Mandalika tak lagi menggelar latihan pramusim MotoGP tahun depan.

Sirkuit Mandalika

Lebih lanjut, Priandhi Satria, pun menjelaskan bahwa pemilihan venue pramusim adalah keputusan dari Dorna. Priandhi Satria menyebut bahwa musim ini Mandalika bisa menggelar agenda tersebut karena disarankan oleh Dorna agar pihaknya bisa mengetahui kekurangan yang perlu diperbaiki sebelum menggelar balapan resmi pada Maret 2022 lalu.

“Lalu, Dorna bilang setelah itu mereka akan kasih catatan-catatan yang harus kita kerjakan, kalau sudah begitu nanti dengan sendirinya akan dapat nilai A. Karena itu sebab kita sama sekali belum pernah menggelar MotoGP di Mandalika, akhirnya kita buat latihan pre-season itu supaya lebih mudah dan lebih gampang (untuk balapan resminya nanti),” tuturnya.

Jawaban tersebut menjelaskan bahwa Sirkuit Mandalika tak perlu lagi menggelar latihan pramusim MotoGP 2023, karena Dorna menganggap Indonesia sudah bagus dalam menghelat balapan kuda besi paling bergengsi di dunia itu. Alhasil, Dorna tak menunjuk Sirkuit Mandalika lagi sebagai venue uji coba tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini