Share

BWF World Championship 2022: Shesar Hiren Rhustavito Belum Direkomendasikan Dokter PBSI untuk Tampil

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 07 Agustus 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 07 40 2643344 bwf-world-championship-2022-shesar-hiren-rhustavito-belum-direkomendasikan-dokter-pbsi-untuk-tampil-ZdR8w7BWcW.jpg Shesar Hiren Rhustavito kala berlaga. (Foto: PBSI)

JAKARTA โ€“ Tim dokter Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memberi kabar terkini soal kondisi sejumlah atlet Indonesia yang didera cedera. Untuk tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, tim dokter PBSI pun belum memberi rekomendasi untuk tampil di BWF World Championship 2022 atau Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 yang akan segera bergulir.

Hal itu disampaikan dokter PBSI, dr Grace Joselini Corlesa. Penyebabnya, Vito -sapaan akrab Shesar- belum mengalami perkembangan pesat dalam pemulihan cederanya.

Shesar Hiren Rhustavito

Shesar sendiri harus menepi dari lapangan setelah mengalami cedera di ajang Malaysia Masters 2022. Ia terpaksa mundur saat tengah bertanding melawan jagoan Jepang, Kento Momota, karena menderita cedera robek otot pada betisnya.

BACA JUGA: 3 Lawan Terberat Anthony Ginting di BWF World Championship 2022, Nomor 1 Jagoan Denmark!

Kini, setelah hampir satu bulan, dr Grace menyatakan Shesar mengalami progress yang baik. Hanya saja, perkembangan itu tidak berjalan pesat karena titik robek otot yang diderita Shesar ada di area yang membutuhkan recovery untuk waktu lama.

BACA JUGA: BWF World Championship 2022: Ribka Sugiarto/Siti Fadia Berambisi Juara Dunia!

"Vito progress-nya membaik. Walaupun lebih lambat dari yang kita targetkan. Tadinya, kami target untuk Vito itu 3-8 minggu,โ€ ungkap dr Grace, saat ditemui tim MNC Portal Indonesia di GOR Nanggala, Jakarta, Sabtu 6 Agustus 2022.

โ€œMeskipun robekannya kecil, tapi titiknya di titik robekan yang memang membutuhkan recovery lebih lama," sambungnya.

"Minggu kedua sudah sesuai progress, minggu ketiga itu agak mandek. Tapi memang dengan lokasi cederanya itu, butuh waktu lebih lama, walaupun robekannya kecil," jelasnya.

Hal ini tentu membuat tim dokter PBSI tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan. Terlebih dalam waktu dekat, Shesar dijadwalkan akan berlaga di BWF World Championship 2022 di Tokyo, Jepang, pada 22-28 Agustus 2022.

Secara medis, dr Grace mengatakan tim dokter belum memberikan rekomendasi untuk Shesar berangkat ke Jepang. Namun, ia juga menekankan bahwa medis bukan satu-satunya faktor untuk memberangkatkan atlet ke sebuah kejuaraan.

Shesar Hiren Rhustavito

"Kalau untuk Kejuaraan Dunia, ini kan dia sudah melewati satu bulan ya, kalau secara medis sih untuk kembali bertanding, kita sebenarnya masih belum rekomendasikan. Kalau memang diberangkatkan, harus terima dengan konsekuensinya," ujar dr Grace.

"Bisa saja dia berangkat, karena untuk atlet bertanding kan banyak faktor ya, enggak hanya medis saja. Mungkin kita bisa katakan contohnya Leo (Rolly Carnando). Dia itu kan baru awal pulih banget kan, baru latihan. Tapi bisa (main di Singapore Open), walaupun setelah tanding dia pasti nyeri. Kita sudah prediksi, dia mungkin bisa menang, tapi habis itu dia sakit lagi," sambungnya.

"Kalau kondisi medis kan inginnya yang aman-aman saja kan. Tapi, ada situasi yang memang kita pertimbangkan. Banyak faktor, termasuk prestasi dan ranking, jadi enggak melulu soal medis," imbuhnya.

Hingga saat ini, nama Shesar masih ada dalam daftar kekuatan Indonesia yang akan tampil di BWF World Championship 2022. Pemain berusia 28 tahun itu akan ditemani tiga tunggal putra lainnya, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Tommy Sugiarto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini