Share

ASEAN Para Games 2022: Ini Kunci Sukses Tim Basket Kursi Roda Indonesia Bisa Rebut Medali Perunggu

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Minggu 31 Juli 2022 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 36 2639597 asean-para-games-2022-ini-kunci-sukses-tim-basket-kursi-roda-indonesia-bisa-rebut-medali-perunggu-qdSDyVPpc8.jpg Tim Basket Kursi Roda Indonesia raih medali perunggu di ASEAN Para Games 2022. (Foto: Andika Rachmansyah/MPI)

SOLO - Pelatih Tim Basket Kursi Roda 3x3 Indonesia, Fajar Brilianto senang timnya bisa meraih medali perunggu di ASEAN Para Games 2022. Menurut Fajar, timnya bisa mengalahkan Kamboja dalam perebutan medali perunggu itu karena mereka dapat bermain lepas dan berani melemparkan shooting.

Bermain di Gor Sritex Arena, Minggu (31/7/2022), I Komang Suparta dkk sempat mendapat tekanan dari Kamboja sejak awal. Namun perlahan, Indonesia bisa bangkit hingga akhirnya sukses menutup pertandingan dengan skor 9-5.

Kemenangan ini sekaligus membuat mereka berhasil menyumbang medali perunggu untuk Indonesia. Sebenarnya, ini diluar target dari tim arahan Fajar karena mereka membidik medali perak.

Pelatih Tim Basket Kursi Roda Indonesia, Fajar Brilianto (Andika Rachmansyah/MPI)

Sayangnya, target itu harus sirna karena Indonesia telan tiga kekalahan. Yaitu kalah dari Filipina, Thailand, dan Kamboja sebelum perebutan perunggu.

Fajar pun membeberkan kunci sukses anak asuhnya itu bisa bangkit dari rentetan hasil minor tersebut. Menurutnya, dia meminta para pemain untuk tampil lepas dan berani lakukan shooting.

"Sebenarnya memang saya yakin bahwa tim ini bisa memenangi game terakhir ini. Titik baliknya memang ketika teman-teman saya suruh all out untuk berani shooting ketika shootingnya sukses itu mengangkat percaya diri," kata Fajar kepada awak media, Minggu (30/7/2022).

"Kita lebih banyak melakukan shooting-shooting terus tanpa memerhatikan masuk atau tidak pokoknya hajar terus hingga akhirnya itu membuahkan hasil. Jadi kepercayaan diri untuk eksekusi," lanjutnya.

Tim Basket Kursi Roda Indonesia (Andika Rachmansyah/MPI)

Sementara itu, Fajar mempunyai evaluasi khusus. Dirinya ingin tim basket kursi roda Indonesia mengikuti rangkaian turnamen internasional agar cabor tersebut bisa berkembang lebih maji.

"Kita usahakan minta ke kantor untuk banyakin pertandingan ke luar. Event sekelas internasional itu harus kita ikuti untuk membawa tim lebih maju," pungkas Fajar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini