Share

Manfaat Teknik Bela Diri Jujitsu untuk Wanita, Nomor 1 Latih Konsentrasi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 43 2636674 manfaat-teknik-bela-diri-jujitsu-untuk-wanita-nomor-1-latih-konsentrasi-hCN76lMhsf.jpg Manfaat teknik bela diri jujitsu untuk wanita (Foto: Instagram/@mekenbayeva)

MANFAAT teknik bela diri jujitsu untuk wanita, akan dibahas Okezone. Bela diri asal Jepang itu sendiri awalnya dikembangkan oleh prajurit samurai berkuda. Bela diri itu sebenarnya berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir para ksatria berkuda ketika musuh mulai merampas senjata dan tameng.

Seiring berjalannya waktu, jujitsu mulai tersebar luas dan dikenal oleh banyak orang. Ternyata, selain sebagai bela diri, jujitsu juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya wanita. Tak ayal, banyak wanita yang mencoba bela diri asal Negeri Matahari itu.

Berbeda dengan pencak silat dan taekwondo yang langsung berhadapan dengan musuh, jujitsu mengutamakan tenaga lawan untuk menjatuhkannya. Tubuh Anda dikerahkan untuk menangkis, mengunci, dan bergulat dengan lawan di bawah.

Berikut manfaat teknik bela diri jujitsu untuk wanita yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

5. Melatih Refleks Tubuh

Latihan jujitsu ternyata mampu meningkatkan refleks tubuh terhadap bahaya. Alhasil, insting tubuh lebih siap ketika ada bahaya datang mengancam. Misalnya, saat Anda melakukan teknik dasar kuda-kuda, Anda siap menyerang serta bertahan menghadapi serangan lawan.

4. Melatih Kesehatan Otot, Jantung, dan Paru-Paru

Manfaat Teknik Bela diri Jujitsu untuk Wanita

(Tanding Jujitsu, foto: Istimewa)

Jujitsu juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Pasalnya, semua otot dikerahkan saat menghadapi lawan. Anda akan mengerahkan seluruh tenaga agar dapat mengunci lawan. Kalori yang dibakar cukup banyak saat Anda melakukan berbagai gerakan.

Gerakan gulat jujitsu yang begitu intens akan membuat jantung bergerak sangat cepat sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh pun lancar. Selain itu, jujitsu juga membutuhkan teknik pernapasan yang dalam, untuk melatih ketahanan dan stamina selama bertanding. Dengan demikian, paru-paru pun ikut terlatih.

3. Mengajarkan Teknik Jatuh Tanpa Cedera

Manfaat Teknik Bela diri Jujitsu untuk Wanita

(Tanding Jujitsu, foto: Reuters)

Manfaat lainnya dalam berlatih jujitsu, yakni membiasakan tubuh jatuh tanpa cedera. Dalam porsi latihan, diajarkan teknik jatuh yang tepat. Alhasil, saat Anda mengalami kecelakaan, Anda setidaknya bisa meminimalkan cedera.

2. Melatih Kekuatan Tubuh

Manfaat Teknik Bela diri Jujitsu untuk Wanita

(Tanding Jujitsu, foto: Reuters)

Saat rajin berlatih, tubuh Anda terbiasa untuk mengeluarkan kekuatan. Karena begitu bergulat, seluruh anggota badan berusaha menghindari serangan lawan dan memberikan serangan balik.

1. Melatih Konsentrasi

Manfaat Teknik Bela diri Jujitsu untuk Wanita

(Latihan jujitsu di zaman dulu, foto: Wikipedia)

Kesiapan Anda diuji saat bertanding. Anda juga harus mengantisipsi apabila ada tendangan, serangan lawan, baik pukulan maupun teknik lainnya. Latihan ini membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang cukup tinggi. Anda harus siap untuk melakukan tendangan, pukulan, membanting, ataupun mengunci lawan dalam waktu bersamaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini