Share

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Absen di Tiga Turnamen Asia Tenggara, Herry IP Beberkan Alasannya

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 40 2616723 marcus-gideon-kevin-sanjaya-absen-di-tiga-turnamen-asia-tenggara-herry-ip-beberkan-alasannya-xgOZi58434.JPG Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: PBSI)

JAKARTA – Ganda putra peringkat satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan absen dari tiga turnamen Asia Tenggara yang berlangsung dalam waktu dekat ini. Menurut pemaparan pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi (Herry IP), alasannya karena ia tak mau Minions dipaksa bermain ketika Marcus sendiri masih belum pulih sepenuhnya dari cedera.

Seperti diketahui, sebelumnya Broto Happy (Humas PBSI) sudah mengonfirmasi The Minions -julukan Marcus/Kevin- akan absen dalam tiga turnamen. Tiga turnamen itu adalah Malaysia Open (28 Juni-3 Juli), Malaysia Masters (5-10 Juli), dan Singapura Open 2022 (12-17 Juli).

Kendati demikian, Broto belum bisa menjelaskan penyebab Marcus/Kevin absen dalam tiga turnamen tersebut. Terbaru, Herry IP sudah memberikan penjelasan mengenai penyebab absennya The Minions dalam tiga turnamen itu.

Marcus/Kevin (PBSI)

Herry IP mengatakan, Marcus masih harus menjalani pemulihan pascaoperasi pada kakinya. Pelatih berusia 59 tahun itu mengatakan tidak mau memaksakan kondisi Marcus yang masih belum sepenuhnya pulih pascaoperasi.

"Benar, Minions kita tarik dari tiga turnamen di Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapura Open karena Marcus belum pulih dari cedera paska-operasi di bagian tumit kirinya. Gerakannya di lapangan belum normal seperti dulu," kata Herry IP, dilansir dari rilis resmi PBSI, Kamis (23/6/2022).

"Dengan kondisi belum pulih 100 persen, Marcus dan Kevin bisa tampil oke. Meski begitu, penampilan Marcus di lapangan, terutama gerakannya, belum maksimal. Masih perlu waktu untuk bisa kembali pulih 100 persen," sambungnya.

Kondisi ini berdampak pada persiapan Marcus/Kevin yang semakin mepet menuju tiga turnamen itu. Sebab itu, Herry IP harus mengistirahatkan pasangan ranking satu dunia tersebut. Ia berharap, para pecinta bulutangkis bisa memaklumi keputusan ini.

"Waktu persiapan ke tiga turnamen itu juga sangat mepet. Hanya seminggu. Itu tidak cukup bagi Marcus/Kevin. Apalagi, ditambah kondisi Marcus juga belum pulih benar,” ujar Herry IP.

"Kalau persiapan tidak bagus dan tetap dipaksakan berangkat ke tiga turnamen, bisa-bisa Minions akan digebukin lawan. Maklum, persaingan sekarang sangat ketat. Ini yang tidak saya harapkan. Kalau sudah kalah, masyarakat nanti juga jadi heboh," tambahnya.

Marcus/Kevin (Bagas Abdiel/MPI)

Dengan waktu istirahat yang cukup panjang, Herry IP berharap The Minions bisa kembali tampil saat Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo. Turnamen itu akan dihelat di Tokyo, Jepang pada 21-28 Agustus 2022 mendatang.

"Waktunya untuk fokus ke persiapan menghadapi Kejuaraan Dunia saja agar performanya bisa lebih optimal," tambahnya.

Untungnya posisi peringkat satu dunia yang dimiliki Marcus/Kevin dikabarkan masih aman meski mereka tak mengikuti tiga turnamen, yang salah satu diantaranya adalah super 1000 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini