Share

Anggap Pendidikan Penting, Tai Tzu Ying Sukses Raih Gelar Doktor di Tengah Kesibukan Jadi Atlet

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 40 2614424 anggap-pendidikan-penting-tai-tzu-ying-sukses-raih-gelar-doktor-di-tengah-kesibukan-jadi-atlet-Qehg93iODg.jpg Tai Tzu Ying, salah satu atlet Taiwan yang berhasil mendapat gelar Doktor (Foto: BWF)

ADA sisi menarik dari salah satu tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying. Ya, pebulu tangkis 27 tahun itu belum lama ini menyelesaikan studi gelar Doktornya di salah satu Universitas di Taiwan.

Sekadar informasi, Tai Tzu Ying merupakan segelintir atlet yang memiliki gelar doktor. Sebab menurutnya, pendidikan adalah sesuatu hal yang sangat penting untuknya.

Tai Tzu Ying

Seperti diketahui, pada 9 Juni 2022 lalu pemain ranking dua dunia itu menyelesaikan pendidikan Doktor di University Taiwan. Alhasil, kini terdapat gelar doktor di depan namanya dalam bidang Sport Science.

Tentu saja, hal itu merupakan prestasi yang sangat gemilang bagi Tzu Ying. Pasalnya, jarang sekali ada seorang atlet yang bisa berprestasi dibidangnya maupun akademisnya.

Karena itu, pemain 27 tahun itu merasa sangat senang bisa menyelesaikan pendidikannya yang tinggi itu. Menurutnya, pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting untuknya.

“Pendidikan adalah hal yang sangat penting untukku. Di Taiwan, sedikit sekali ada atlet aktif yang bergelar S3,” ucap Tai Tzu Ying ketika ditanya soal studinya.

“Aku berterima kasih sekali kepada universitas tempatku kuliah karena sudah bersedia memfasilitasi apa yang aku butuhkan di sela-sela jadwal sibuk turnamen dan membimbingku meraih gelar S3 ini,” imbuhnya.

Pastinya, tidak mudah bagi Tai Tzu Ying membagi waktu untuk menempuh pendidikan tinggi disela-sela kesibukannya sebagai atlet. Dia pun menjelaskan bagaimana caranya bisa menyabet gelar S3 sembari menempa kemampuannya untuk menjadi pemain top dunia.

Tai Tzu Ying

“Cara saya membagi waktu untuk mendapatkan gelar dan latihan adalah harus mencari waktu sendiri, kalau sedang tidak latihan saya mendatangi dosen saya untuk menyelesaikan kuliah saya. Saya juga minta ke dosen untuk lebih sering pertemuan daring dan karena pandemi juga, jadi itu lebih efisien bagi saya,” jelas pemain kelahiran 20 Juni 1994 itu.

Lebih lanjut, Tai Tzu Ying mengungkapkan masih belum memiliki rencana gantung raket usai meraih gelar doktornya. Dia masih ingin terus fokus berkarier di dunia bulutangkis.

“Sementara ini masih belum ada rencana apapun. Aku juga belum bisa memastikan kapan akan mengakhiri karirku di bulu tangkis. Aku hanya berharap bisa terus dalam keadaan sehat sehingga bisa terus menjalani turnamen-turnamen yang ada,” ujarnya.

Tai Tzu Ying baru saja menjuarai Indonesia Open 2022 pada Minggu 19 Juni 2022. Ia mengalahkan wakil China, Wang Zhi Yi, di partai final dengan skor 21-23, 21-6 dan 21-15, yang sekaligus membuatnya mencatatkan hattrick gelar di turnamen Super 1000 itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini