Share

5 Fakta Race Formula E Jakarta 2022, Nomor 1 Ukir Sejarah Baru

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 04 37 2605667 5-fakta-race-formula-e-jakarta-2022-nomor-1-ukir-sejarah-baru-U3NvtGEoz2.jpg 5 fakta race Formula E Jakarta 2022 (Foto: Laman Resmi Formula E)

ADA 5 fakta race Formula E Jakarta 2022 yang menarik untuk dibahas pada artikel ini. Sebagaimana diketahui, balapan mobil listrik untuk pertama kalinya terselenggara di Indonesia, tepatnya Jakarta, yang berlangsung pada Sabtu (4/6/2022) sore WIB tadi.

Berakhirnya balapan Formula E Jakarta 2022, praktis meninggalkan kesan mendalam bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya pertama kalinya dalam sejarah, euforia para penonton juga jadi kesan baik Indonesia di mata dunia.

Lantas, fakta apa menarik apa yang lahir dari race Formula E Jakarta 2022? Berikut 5 fakta race Formula E Jakarta 2022 yang dirangkum tim Okezone:

5. Antusiasme Masyarakat Tinggi

Formula E Jakarta 2022

Terselenggaranya Formula E Jakarta 2022 tampak disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Hal itu terlihat dari ramainya tribun, maupun aktivitas di sekitar Sirkuit JIEC pada pagi hingga sore tadi.

Bahkan, saking antusiasnya, para penonton pun larut dalam euforia kemenangan Mitch Evans. Mereka turut bergemuruh menyambut sang juara naik podium. Selain itu, di sekitar area Sirkuit JIEC, salah satunya booth souvenir pun dipenuhi antrean hingga mengular.

4. Oliver Rowland Gagal Finis

Oliver Rowland

Nasib sial menghampiri Oliver Rowland pada seri balapan Formula E Jakarta 2022. Pembalap Mahindra Racing itu tak bisa melanjutkan balapan usai ban mobilnya lepas.

Ia pun harus mengakhiri balapan lebih awal, lantaran ban mobilnya lepas ketika balapan baru dimulai beberapa menit. Setelah kejadian itu, Oliver Rowland dan krunya terlihat berdiskusi serius di belakang paddock.

Insiden itu terjadi saat para pembalap baru memacu kendaraannya hingga putaran kedua. Ban mobil Oliver Rowland terlepas dan tergeletak di atas lintasan.

Dari situ safety car masuk ke lintasan dan balapan sempat memakan waktu lebih lama. Beruntungnya, Oliver Rowland tidak tertimpa cedera serius.

3. Titel Juara Ketiga Mitch Evans

Mitch Evans

Keluarnya Mitch Evans sebagai juara tentu sangat berharga bagi ia dan tim Jaguar TCS. Pasalnya, berkat tambahan 26 poin, ia makin menempel ketat pesaing terdekatnya. Sejauh ini, Mitch Evans pun sudah mengantongi 109 poin dari sembilan seri Formula E 2022.

Selain itu, raihan positif ini jadi catatan juara ketiga Mitch Evans selama balapan di Formula E 2022. Sebelumnya, pembalap asal Selandia Baru itu berhasil meraih dua gelar juara secara beruntun di seri Italia.

2. Stoffel Vandoorne Tetap Pimpin Klasemen

Stoffel Vandoorne

Aroma kegagalan Stoffel Vandoorne tampaknya telah tercium sejak awal. Bagaimana tidak, pembalap asal Belgia itu harus memulai balapan di urutan ketujuh. Selama balapan pun Stoffel Vandoorne tak begitu menggila.

Hingga akhirnya, ia hanya mampu naik dua posisi dan mengakhiri balapan di urutan kelima. Meski gagal podium atau juara, posisi Stoffel Vandoorne sendiri tetap aman di puncak klasemen sementara.

Sampai seri kesembilan ini, pembalap Mercedes EQ itu sudah mengantongi 121 poin, Ia unggul dari Jean-Eric Vergne, yang berhasil finis kedua di Formula E Jakarta 2022.

1. Mitch Evans Catatkan Sejarah

Mitch Evans

Keberhasilan Mitch Evans juara Formula E Jakarta 2022 tentu jadi sejarah baru bagi dunia Formula E. Ya, dengan raihan juara itu, maka Mitch Evans resmi menyandang pembalap pertama yang berhasil juara di Formula E Jakarta 2022.

Tenntu rekor itu makin terasa istimewa, lantaran kemenangan ini turut membawa Mitch Evans makin bersaing ketat di papan atas klasemen Formula E 2022. Selain itu, Mitch Evans kian memangkas ketertinggalan dari Stoffel Vandoorne, yang ada di peringkat pertama.

Ia hanya berjarak 12 poin dari pembalap Belgia itu. Setelah ia berhasil mengumpulkan 109 poin sampai saat ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini