Share

Biodata dan Agama Hendra Setiawan, Pebulu Tangkis Senior Indonesia dengan Segudang Prestasi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 18 April 2022 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 40 2580950 biodata-dan-agama-hendra-setiawan-pebulu-tangkis-senior-indonesia-dengan-segudang-prestasi-XYkk0AJswg.jpg Biodata dan Agama Hendra Setiawan (Foto: PBSI)

BIODATA dan Agama Hendra Setiawan, pebulu tangkis senior Indonesia dengan segudang prestasi akan dibahas oleh tim OKEZONE di artikel ini. Ya, seperti diketahui, Hendra Setiawan merupakan pebulu tangkis senior kebanggaan Indonesia.

Dirinya telah malang melintang di dunia bulu tangkis. Bahkan, segudang dengan sejumlah torehan prestasi menterengnya, Hedndra Setiawan memiliki julukan Dewa, yang diberikan oleh penggemar bulu tangkis Tanah Air.

Ia mengawali kariernya di dunia bulu tangkis bersama Markis Kido. Sedangkan saat ini, Hendra Setiawan berpasangan dengan Mohammad Ahsan.

Biodata dan Agama Hendra Setiawan

Biodata dan Agama Hendra Setiawan

Di dalam Biodata dan Agama Hendra Setiawan, ia diketahui memeluk agama Kristen. Pria yang lahir pada 25 agustus 1984 di Pemalang, Jawa Tengah ini mengawali karier bulu tangkis sejak 2001.

Adapun, Hendra Setiawan berhasil meraih medali perunggu pada 2001 di ajang Asian Junior Championship. Satu tahun kemudian, ia berhasil menyabet medali emas untuk kategori beregu putra pada ajang Asian Junior Championships 2002.

Dengan pencapaiannya dan prestasinya saat junior, ia pun di percaya bergabung dengan tim senior. Meski masih belia ia berhasil medali emas SEA Games pertamanya di tahun 2003. Berselang dua tahun kemudian, Hendra Setiawan berhasil menorehkan medali perak di SEA Games 2005.

Prestasinya terus menanjak. Ia berhasil mendulang medali emas di tiga SEA Games berikutnya. Di antaranya di ajang SEA Games 2007, 2009 dan 2011.

Hendra Setiawan bersama pasangannya ketika itu, Markis Kido juga berhasil mendulang prestasi membanggakan. Ia berhasil meraih medali emas di Olimpiade Beijing 2008, di nomor ganda putra.

Di partai final Hendra Setiawan/Markis Kido, berhasil menaklukkan pasangan China, Cai Yun/Fu Haifeng. Hendra/Kidomemang tiga gim dengan skor 12-21, 21-11, dan 21-16.

Biodata dan Agama Hendra Setiawan

Di penghujung tahun 2012, Hendra Setiawan berganti pasangan. Ia mulai dipasangkan dengan Mohammad Ahsan, yang sebelumnya berpasangan dengan Bona Septano. Sedangkan Markis Kido bermain tandem di ganda putra dengan Alvent Yulianto dan di ganda campuran dengan sang adik, Pia Zebadiah.

Bersama Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan mampu bermain baik. Prestasi pertama yang diraih Hendra/Ahsan tembus semifinal Denmark Open 2012. Setahun kemudian, Hendra/Ahsan berhasil menyabet dua gelar superseries.

Di antaranya jadi juara di Malaysia Open 2013 dan Indonesia Open. Di dua laga final itu Hendra/ Ahsan mengalahkan lawan yang sama, yaitu ganda putra Korea Selatan, yaitu Lee Yong-dae dan Ko Sung-hyun dua gim langsung.

Di tahun 2014, Hendra dan Ahsan kembali membuat harum nama bangsa Indonesia. Ganda putra Indonesia ini merebut All England untuk pertama kalinya. Di final pasangan ini sukses menekuk ganda Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, dua gim langsung 21-19 dan 21-19.

Saat ini, suami Sabdiani Arief ini dan Mohammad Ahsan menempati urutan kedua di peringkat BWF dunia. Mereka di bawah kompatriotnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya, yang bercokol di urutan pertama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini