Share

Kritik Tajam Jelang Kualifikasi MotoGP Mandalika 2022, Alex Rins: Sirkuit Mandalika Belum Bersih!

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 38 2564162 kritik-tajam-jelang-kualifikasi-motogp-mandalika-2022-alex-rins-sirkuit-mandalika-belum-bersih-OYBaB3vi3o.jpg Alex Rins kritik Sirkuit Mandalika jelang Kualifikasi MotoGP Mandalika 2022. (Foto: Twitter/@suzukimotogp)

KRITIK tajam dilontarkan pembalap Tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, jelang Kualifikasi MotoGP Mandalika 2022 pada Sabtu, 19 Maret 2022 siang WIB. Rider berpaspor Spanyol itu menyebut Sirkuit Mandalika belum sepenuhnya bersih.

Baru-baru ini Sirkuit Mandalika memang mengalami perbaikan besar-besaran. Hal itu dikarenakan permintaan pembalap yang merasa sirkuitnya terlalu kotor dan sulit untuk berkendara. Hal itu saat mereka mentas di tes pramusim MotoGP 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022.

Alex Rins

Sekarang, lintasannya sudah selesai diperbaiki, dan sudah lolos homologasi. Meski begitu, Alex Rins merasa perbaikannya belum diselesaikan dengan baik. Namun, dia juga merasa lintasannya sudah lebih baik, ketimbang saat pramusim.

“Lintasannya saya pikir tidak 100 persen bersih. Contohnya ketika keluar dari jalur balap pada tikungan ke-15, dapat terlihat jika ban belakang mulai terkelupas dan motor mulai tidak stabil,” kata Rins ketika media debrief, Jumat (18/3/2022).

Alex Rins menganggap masalah yang sama masih ada di permukaan Sirkuit Mandalika. Dia bahkan menyebut terkena kerikil kecil, ketika berada di belakang pembalap lain.

“Kondisinya tidak terlalu bagus. Kurang lebih, masalahnya sama seperti uji coba pramusim. Ketika berada di belakang seseorang, saya merasakan ada kerikil yang menghantam,” ujarnya.

Walau demikian, pembalap asal Spanyol tersebut berharap kondisi lintasannya lebih baik. Apalagi lintasannya terasa semakin bersih, seiring makin banyak motor yang melaluinya.

Alex Rins

“Keadaannya memang seperti itu. Kami akan melihat jika secara perlahan para pembalap akan membersihkan lintasannya dan memberikan lebih banyak grip,” kata rekan setim dari Joan Mir itu.

Alex Rins sendiri belum mendapat hasil maksimal di dua latihan bebas awal MotoGP Mandalika 2022. Di sesi latihan bebas pertama, Alex Rins hanya menempati posisi 17. Kemudian di latihan bebas kedua, Alex Rins memperbaiki posisi dengan menduduki tangga ke-10.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di https://vipl.us/s53nk. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini