Share

Kunjungi Istana Negara, Tanda Hormat Marc Marquez Dkk ke Indonesia dan Presiden Jokowi

Muhammad Refi Sandi, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 38 2561759 kunjungi-istana-negara-tanda-hormat-marc-marquez-dkk-ke-indonesia-dan-presiden-jokowi-Jch3CNp396.jpg Marc Marquez dan kawan-kawan akan kunjungi Istana Negara pada Rabu, 16 Maret 2022. (Foto: MotoGP.com)

KUNJUNGI Istana Negara, tanda hormat Marc Marquez dan kawan-kawan ke Indonesia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu diungkapkan Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda.

"Jadi rangkaian acara besok adalah para pembalap MotoGP ini akan menunjukkan rasa hormat mereka ketika sampai di Indonesia. Tujuan pertama mereka adalah menghampiri bapak presiden dan juga memberi salam hormat kepada pak presiden sebelum pagelaran MotoGP di Mandalika," kata Cahyadi Wanda kepada wartawan di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2022).

Marc Marquez

(Marc Marquez akan kunjungi Istana Negara)

Setelah menemui presiden Jokowi, sebanyak 16 pembalap MotoGP ditambah 4 pembalap lain akan melakukan parade dari Istana Negara sampai Hotel Kempinski. Parade MotoGP sendiri akan dilepas langsung Presiden Jokowi.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya baru saja selesai rapat dengan MGPA terkait pengamanan parade MotoGP yang berlangsung besok mulai pukul 10.00-11.00 WIB.

"Pagi ini kami baru selesai melaksanakan rapat dengan panitia terkait pelaksanaan acara parade MotoGP yang akan dilaksanakan besok, mulai pukul 10.00-11.00 WIB," ujar Sambodo.

Sambodo mengatakan akan ada 80 rombongan motor yang terdiri dari pembalap MotoGP dan pabrikan yang ada di Indonesia.

"Rencana besok akan diikuti oleh kurang lebih sekitar 80 pemotor 20 dari tim MotoGP, dan di belakangnya ada 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia, dari Yamaha, Ducati dan sebagainya. Kurang lebih total 80 motor yang mengikuti parade tersebut dari Istana sampai hotel Kempinski," jelasnya.

Marc Marquez

Lebih lanjut, Sambodo juga akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara ke arah Hotel Kempinski. Ia juga menyebut akan ada penutupan jalan saat rombongan melintas sepanjang jalur dari Utara ke Selatan.

"Dari Polda Metro akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara akan ada penutupan jalur pada saat rombongan melintas terutama adari arah utara ke selatan, sedang dari arah berlawanan selatan ke utara akan berjalan normal seperti biasa. Akan ada penutupan satu arus itu pun pada saat rombongan melintas dari istana ke Kempinski sepanjang jalan," tutur Sambodo.

Setelah absen 25 tahun, Indonesia akhirnya menjadi tuan rumah ajang Grand Prix pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah ajang Grand Prix pada 1997.

Saat itu pemenang balapan adalah rider asal Jepang, Tadayuki Okada. Ia mengalahkan Michael Doohan yang di akhir musim keluar sebagai juara kelas 500 cc, yang notabene kelas tertinggi di ajang Grand Prix saat itu, sebelum berganti nama menjadi MotoGP sejak 2002.

Berikut 20 pembalap (16 MotoGP, 2 dari Moto2, 2 pembalap Indonesia) yang hadir di parade khusus sebelum MotoGP Mandalika 2022:

Marc Marquez (Repsol Honda)

Pol Espargaro (Repsol Honda)

Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Alex Rins (Suzuki Ecstar)

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Jack Miller (Ducati Lenovo)

Enea Bastianini (Gresini Racing)

Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing)

Johann Zarco (Pramac Racing)

Jorge Martin (Pramac Racing)

Alex Marquez (LCR Honda Castrol)

Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP)

Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP)

Luca Marini (Mooney VR46 Racint Team)

Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racint Team)

Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG)

Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG)

Mario Aji (Honda Asia Team)

Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini