Share

Motor KTM Kian Kencang, Brad Binder Yakin Bisa Berbicara Banyak di MotoGP Mandalika 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 38 2561606 motor-ktm-kian-kencang-brad-binder-yakin-bisa-berbicara-banyak-di-motogp-mandalika-2022-eF1s7vGAJJ.jpg Pembalap Tim KTM Red Bull, Brad Binder. (Foto: MotoGP)

JAKARTA – Pembalap Tim KTM Red Bull, Brad Binder merasa perkembangan motor RC16 sangatlah pesat di musim ini, terbukti dengan berhasilnya ia finis sebagai runner-up di MotoGP Qatar 2022. Dengan perkembangan yang signifikan ketimbang musim lalu itu, Binder pun percaya diri menatap balapan MotoGP 2022, termasuk untuk balapan di seri Indonesia akhir pekan ini.

KTM sendiri bisa dibilang tampil kurang memuaskan pada tes pramusim pertama di Sepang dengan RC16 2022. Waktu yang didapat dua pembalap mereka sangat jauh dari ekspektasi yang ada. Bahkan, Manajer KTM, Francesco Guidotti, sempat berniat untuk mengembalikan motor tersebut ke setelan 2021.

Namun, Binder mengatakan bahwa pada tes pramusim kedua di Mandalika, timnya sudah bisa memecahkan masalah yang membuat motornya tak dapat melaju cepat. Lalu, pada balapan pembuka di Losail pekan lalu, dia membuktikan ucapannya tersebut.

Brad Binder di podium MotoGP Qatar 2022

Pembalap asal Afrika Selatan itu mampu memaksimalkan motornya dengan baik sehingga bisa melesat dengan kencang. Hasilnya, dia menempati podium kedua dan hanya berjarak sepersepuluh detik dari sang pemenang, Enea Bastianini (Ducati Gresini).

Binder pun mengungkapkan kemajuan yang dibuat oleh timnya selama pramusim sehingga bisa meraih podium pertamanya sejak MotoGP Austria 2021. Menurutnya, kuda besinya saat ini bisa melaju lebih cepat ketika berada di tikungan dan hal itu merupakan sesuatu yang belum pernah dirasakannya.

“Kami biasanya, terutama tahun lalu, kecuali kami mengerem dengan sangat keras, kami benar-benar berjuang untuk mendapatkan bagian depan untuk mulai melaju cepat di sudut miring,” kata Binder dilansir dari Speed Café, Selasa (15/3/2022).

“Sekarang, saya bisa melepaskan rem depan dan melesat dengan lebih cepat di tikungan, jadi itu membuat perbedaan yang sangat besar. Dan itu memberi Anda lebih banyak kepercayaan diri karena Anda tidak harus sepenuhnya berada di batas rem di setiap tikungan,” imbuhnya.

“Jadi, angkat topi untuk teman-teman, saya sangat senang mereka membuat langkah yang bagus untuk kami, dan saya menantikan untuk melihat bagaimana musim ini berjalan untuk kami,” tambah Binder.

Brad Binder

Sayangnya, penampilan gemilang pembalap berusia 26 tahun itu tak diikuti oleh rekan setimnya, Miguel Oliveira. Sebab, Oliveira gagal finis usai mengalami insiden di tengah balapan.

Melihat rasa percaya diri yang dimiliki Binder tersebut, patut ditunggu apakah tim pabrikan KTM itu bisa terus melanjutkan performa apik mereka pada balapan selanjutnya di MotoGP Mandalika 2022. Sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu bakal menjalani debutnya di pagelaran balap motor terelite di dunia itu pada 18-20 Maret 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini