Share

4 Pembalap Indonesia yang Berpotensi Tampil di MotoGP, Nomor 1 Marc Marquez-nya Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 06 Maret 2022 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 06 38 2557260 4-pembalap-indonesia-yang-berpotensi-tampil-di-motogp-nomor-1-marc-marquez-nya-indonesia-n3GM2t6Wis.jpg Mario Suryo Aji. (Foto: Instagram/@mario.a16)

4 pembalap Indonesia yang berpotensi tampil di MotoGP menarik dikulik. Sebab, publik tentunya berharap bisa turut mendukung pembalap Indonesia dalam balapan motor bergengsi, MotoGP, terlebih ajang ini sendiri akan turut digelar di Indonesia.

Ya, ajang MotoGP memang akan turut digelar di Indonesia pada musim ini. Tepatnya, balapan akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu 20 Maret 2022.

BACA JUGA: Bikin Bangga! Pembalap Indonesia Veda Ega Pratama Naik Podium di Sirkuit Losail, Jelang MotoGP Qatar 2022

Namun sayangnya, tak ada pembalap Indonesia yang akan berlaga di ajang MotoGP 2022. Pembalap Indonesia hanya akan hadir di kelas Moto3, yani Mario Aji yang membela Honda Team Asia.

BACA JUGA: 6 Pembalap MotoGP yang Mempunyai Gaya Rambut Nyentrik, Salah Satunya Valentino Rossi

Di tahun-tahun mendatang, publik tentunya berharap bisa melihat kehadiran pembalap Indonesia di kelas MotoGP. Beberapa pembalap Indonesia pun dinilai punya kans mencapai ajang itu. Siapa saja mereka? Berikut 4 pembalap Indonesia yang berpotensi tampil di MotoGP.

4. Andi Gilang

Andi Gilang

Di urutan keempat, ada nama Andi Gilang. Pembalap Indonesia bernama lengkap Andi Farid Izdihar ini mengukir prestasi manis di ajang balap motor. Dia pernah menyabet kemenangan di seri Qatar Asia Talent Cup 2015. Pada tahun yang sama, dia juga menjadi runner-up di Suzuki 4 Hours Endurance Race.

Selang semusim kemudian, pembalap kelahiran Bulukumba 14 Agustus 1997 ini menempati peringkat ketiga di Asia Talent Cup. Berkat aksi ciamiknya, Andi Gilang pun berhasil mencicipi bersaing di kelas Moto3 dan Moto2.

Andi Gilang mentas di kelas Moto2 pada 2020. Namun, kinerjanya gagal apik sehingga dirinya tak bisa mendulang satu pun poin. Dia pun kemudian berpindah kelas ke Moto3 pada 2021. Di sana, dia meraih 4 poin usai finis di posisi 15 pada 4 seri, yakni Prancis, Jerman, Austria, dan Emilia Romagna. Dengan terus mengasah bakat, bukan tak mungkin Andi Gilang bisa menembus MotoGP di masa depan.

3. Veda Ega Pratama

Veda Ega Pratama

Kemudian, ada nama Veda Ega Pratama. Pembalap yang satu ini baru saja membawa harum nama Indonesia di ajang bergengsi internasional, tepatnya di ajang Idemitsu Asia Talent Cup 2022.

Pembalap kelahiran Gunungkidul 23 November 2008 ini berhasil naik podium dalam balapan kedua yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar. Dia finis di posisi ketiga, usai hanya memulai balapan dari posisi ketujuh. Di usia yang masih sangat muda, bakatnya masih bisa berkembang hingga kansnya mengepakkan saya lebih lebar lagi sangat terbuka lebar.

2. Dimas Ekky Pratama

Dimas Ekky

Nama lainnya ialah Dimas Ekky. Pembalap kelahiran Depok 26 Oktober 1992 ini sudah punya jam terbang yang cukup tinggi di ajang balap motor. Dimas Ekky bahkan sudah pernah berlaga di ajang Moto2. Dimas Ekky debut di kelas Moto2 pada musim 2017 dengan status wildcard di Malaysia.

Pada 2019, dia pun mendapat kesempatan menjalani balapan satu musim penuh di Moto2. Di sana, Dimas Ekky gagal bersinar karena tak bisa mendulang satu pun poin. Namun, jika Dimas Ekky bisa terus mengembangkan kemampuannya, bukan tidak mungkin dirinya akan menembus ajang MotoGP.

1. Mario Suryo Aji

Mario Suryo Aji

Terakhir, ada nama Mario Suryo Aji. Pembalap yang satu ini jadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan mentas di Sirkuit Mandalika pada musim ini. Sebab, dia berlaga di kelas Moto3.

Pembalap kelahiran Magetan 16 Maret 2004 ini memulai kariernya di ajang Idemitsu Talent Cup. Dia pun mampu bersinar di ajang itu dengan finis di posisi kelima pada 2018. Kariernya terus menanjak setelah itu sehingga Aji mendapat kesempatan berlaga semusim penuh di Moto3 2022.

Aji sendiri dipandang sebagai Marc Marquez-nya Indonesia karena punya kemiripan dengan juara dunia enam kali MotoGP itu. Junior Talent Team Riders Coach di FIM CEV, Diego Lozano, menilai Aji punya kemiripan dengan Marquez dalam hal late breaking.

Kini menarik menantikan kiprah Mario Suryo Aji di ajang Moto3 2022. Jika berhasil bersinar, dia tentunya punya kans naik ke kelas lebih tinggi sehingga akhirnya bisa menembus ajang MotoGP di masa mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini