Share

Fotografer MotoGP Beri Klarifikasi soal Harga PCR di Lombok, Ternyata Bukan Rp6 Juta Sekali Tes

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 10 Februari 2022 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 38 2545327 bukan-rp6-juta-sekali-tes-pcr-fotografer-motogp-ini-beri-klarifikasi-yAm4WTgCar.jpg Sirkuit Mandalika. (Foto: WorldSBK)

LOMBOK – Fotografer MotoGP, Gareth Harford sempat mengeluhkan mahalnya harga tes PCR di Lombok untuk mengikuti tes pramusim di Sirkuit Mandalika karena mencapi 310 pounds atau sekira Rp6 juta sekali tes. Namun, ia baru tahu ternyata harga tes PCR di Indonesia tak sampai Rp6 juta.

Menurut klarifikasi Harford, harga 310 pounds yang ia harus bayarkan itu ternyata tagihan untuk tes PCR semenjak ia pergi meninggalkan Inggris. Jadi, Harford sudah memastikan bahwa pernyataan ia sebelumnya yang menyebut harga sekali tes PCR di Lombok Rp6 juta itu tidak benar.

β€œHanya untuk mengklarifikasi. Harga 310 pounds (Rp6 juta) bukanlah biaya untuk melakukan tes PCR di Lombok. Itu semua adalah harga yang harus dibayarkan untuk semua tes (PCR) yang dilakukan semenjak saya meninggalkan Inggris,” bunyi pernyataan Harford di instagram stories akun pribadinya, @garethharford, Kamis (10/2/2022).

Klarifikasi Gareth Harford soal harga tes PCR di Lombok

Sekadar informasi, sebelumnya Harford mengeluhkan betapa mahalnya harga tes PCR di Lombok. Apalagi melakukan tes PCR menjadi hal yang wajib bagi setiap pihak yang terlibat dalam tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika tersebut.

Sehingga mau tidak mau Harford harus membayar Rp6 juta hanya untuk sekali tes PCR. Ia pun sedikit kecewa ketika mengetahui masih akan melakukan dua kali tes PCR lagi, yang berarti Rp12 juta akan segera ia keluarkan hanya untuk mengikuti rangkaian acara di Sirkuit Mandalika.

Kendati demikian, Harford ternyata salah memahami tagihan Rp6 juta yang harus ia bayarkan. Sejatinya semua biaya itu merupakan uang tes untuk semua yang ia lakukan semenjak ia pergi dari Inggris.

Dalam foto lain yang diupload Harford, ia memperlihatkan bahwa harga tes PCR di Lombok ternyata senilai Rp978 ribu. Entah itu adalah harga untuk sekali tes, atau keseluruhan selama ia berada di Lombok untuk mengikuti tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Klarifikasi Gareth Harford soal harga tes PCR di Lombok

Untuk harga normal tes PCR di Indonesia, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo sudah memberikan aturan sejak Kamis 27 Oktober 2021, bahwa tarif atau harga tes PCR tertinggi saat ini hanyalah Rp275 ribu untuk Jawa-Bali dan maksimal Rp300 ribu untuk luar Bali dan Jawa.

Terlepas dari itu semua, tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akan berlangsung selama tiga hari. Para pembalap baru bisa mengendarai motor mereka di trek tersebut pada Jumat 11 Februari 2022. Lalu tes terakhir akan berlangsung pada Minggu 13 Februari 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini