Share

Serba-serbi Shakedown Test MotoGP 2022 yang Digelar Hari Ini di Malaysia, Apa Artinya dan Siapa yang Bisa Ikut?

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 31 38 2540470 serba-serbi-shakedown-test-motogp-2022-yang-digelar-hari-ini-di-malaysia-apa-artinya-dan-siapa-yang-bisa-ikut-vDLOXeMsMh.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

SHAKEDOWN Test MotoGP 2022 digelar hari ini, Senin (31/1/2022), di Sirkuit Sepang, Malaysia. Mari menilik lebih dalam soal serba-serbi Shakedown Test MotoGP 2022, mulai dari artinya hingga siapa saja pembalap yang bisa ikut ambil bagian.

Ya, ajang MotoGP 2022 akan segera dimulai. Tepatnya, musim baru dari ajang balap motor grand prix paling bergengsi ini akan mulai bergulir pada 6 Maret 2022.

Shakedown Test MotoGP 2022

Sebelum memasuki balapan perdana, ada serangkaian tes pramusim yang akan digelar pada MotoGP 2022. Uji coba ini dimulai dengan Shakedown Test yang digelar mulai hari ini.

BACA JUGA: 5 Pembalap yang Berpotensi Kejar Gelar Juara MotoGP Valentino Rossi, Nomor 1 sang Rival Abadi

Shakedown Test MotoGP 2022 bergulir di Sirkuit Sepang, Malaysia, selama 3 hari. Jadi, tes ini akan berlangsung pada Senin (31/1/2022) hingga Rabu 2 Februari 2022. Lalu, siapa saja pesertanya? Apa arti dan tujuan dari tes ini?

BACA JUGA: Rafael Nadal Juara Australia Open 2022 Usai Cedera, Marc Marquez Jadi Termotivasi

Arti Shakedown Test

Mungkin, Shakedown Test yang biasa digelar sebelum menyongsong musim baru di MotoGP ini masih belum banyak diketahui oleh publik. Sebab, tes ini masih kurang familier ketimbang uji coba pramusim lainnya.

Lalu apa arti Shakedown Test? Shakedown Test merupakan uji coba yang dilakukan oleh tim-tim pabrikan di MotoGP. Tes ini bertujuan memeriksa mesin baru tim-tim pabrikan untuk mengetahui apakah sudah berkembang dengan benar atau tidak.

Dengan mengikuti tes ini, tim-tim di MotoGP bisa mencari tahu kekurangan yang ada pada motor anyar yang akan digunakan para pembalapnya bertarung di MotoGP 2022. Lewat tes ini, tim-tim pabrikan berharap bisa mempersiapkan motor yang lebih baik saat digunakan pada tes resmi yang digelar setelah Shakedown Test.

Peserta Shakedown Test

Dengan tujuan yang sangat baik dari penyelenggaaraan Shakedown Test MotoGP, pasti timbul pertanyaan siapa saja peserta di uji coba ini? Apakah ada perbedaan peserta dengan tes pramusim biasa?

Dua pembalap rookie di MotoGP 2022

Ya, ada perbedaan soal peserta yang mengikuti Shakedown Test MotoGP. Uji coba ini hanya diikuti oleh test rider atau pembalap penguji dari setiap pabrikan, pembalap pendatang baru (rookie), dan tim konsesi di awal musim.

Jadi, jelas berbeda soal peserta yang ikut di Shakedown Test MotoGP dan tes pramusim biasa. Di tes pramusim, semua pembalap bisa ikut ambil bagian.

Kehadiran pembalap rookie dalam Shakedown Test MotoGP sendiri bertujuan agar mereka bisa beradaptasi lebih awal dengan motor di kelas baru ini. Maklum, kondisi motor di ajang MotoGP jauh berbeda dengan kelas bawahnya, seperti Moto2 apalagi Moto3.

Dengan ambil bagian di Shakedown Test MotoGP, para pembalap rookie diharapkan bisa lebih leluasa kala menunggangi kuda besinya di tes pramusim. Pada Shakedown Test MotoGP 2022 sendiri, ada lima pembalap rookie yang akan ambil bagian. Mereka ialah Raul Fernandez, Darryn Binder, Fabio Di Giannantonio, Marco Bezzecchi, dan Remy Gardner.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini