Share

Bukannya Tak Bisa Kompetitif Lagi, Jorge Lorenzo Ungkap Alasan Pensiun dari MotoGP

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 38 2536915 bukannya-tak-bisa-kompetitif-lagi-jorge-lorenzo-ungkap-alasan-pensiun-dari-motogp-a5d0gVe3xF.jpg Jorge Lorenzo. (Foto: Laman resmi MotoGP)

PALMA – Mantan pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari MotoGP pada musim 2019 silam. Ia mengaku pensiun bukan karena merasa tak kompetitif lagi di ajang balapan tersebut, melainkan karena memikirkan faktor keselamatannya yang merasa sudah berbahaya balapan di usia yang tak lagi muda.

Seperti yang diketahui, Lorenzo pensiun ketika usianya 31 tahun. Pembalap asal Spanyol itu berhasil mencapai puncak kariernya ketika bergabung dengan Yamaha pada 2008 hingga 2016. Dari tiga titel juara yang didapatkan, semuanya didapatkan oleh Lorenzo ketika berada di Yamaha.

Setelahnya, Lorenzo memutuskan untuk bergabung dengan Ducati pada tahun 2017 hingga 2018 dan hijrah ke Honda pada musim 2019. Sayangnya, di dua pabrikan tersebut, Lorenzo sedikit kesulitan untuk kembali mendapatkan kembali gelar juara dunia.

Baca Juga: Kerap Bikin Salah, Francesco Bagnaia Bukan Calon Juara MotoGP 2022

Jorge Lorenzo saat menjadi test rider Yamaha

Namun gagalnya Lorenzo meraih gelar di dua tim tersebut bukanlah alasan utamanya memilih untuk pensiun. Lorenzo yang kini sudah berusia 34 tahun itu merasa MotoGP adalah salah satu olahraga yang berbahaya dan memiliki banyak risiko.

“Hal terburuk dalam hidup seorang pembalap adalah cedera dan risiko. Inilah tepatnya mengapa saya pensiun,” ungkap Jorge Lorenzo dilansir dari Italy 24 News, Senin (24/1/2022).

Lorenzo sebenarnya masih yakin bahwa dirinya mampu untuk tampil kompetitif saat itu. Namun Lorenzo merasa MotoGP adalah olahraga yang sangat berbahaya sehingga dirinya memutuskan untuk tidak melanjutkan.

“Jika itu adalah olahraga yang kurang berbahaya, di mana bahayanya lebih sedikit, saya pasti akan tetap berada di trek,” sambung Lorenzo.

Lorenzo pun menyoroti kecelakaan yang dialami oleh pembalap Honda, Marc Marquez, di musim 2020. Kecelakaan tersebut membuat Marquez harus mengalami cedera parah dan absen cukup lama dari balapan.

Jorge Lorenzo

“Marquez? Jika kita memikirkan semua kejadian di mana dia jatuh, Marc terluka beberapa kali, namun dia juga mengalami tiga atau empat luka yang sangat parah,” tambahnya.

Jadi, dapat disimpulkan Lorenzo pensiun karena tak mau mengalami kecelakaan lagi. Meski sudah tak lagi menjadi pembalap, rider berjuluk X-Fuera itu masih berkecimpung di dunia MotoGP, seperti ia pernah menjadi test rider Yamaha sampai menjadi komentator ajang balap tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini