Soal Kisruh Jelang Australia Open 2022, Novak Djokovic Terancam Hukuman 3 Tahun Penjara

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 06:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 40 2531407 soal-kisruh-jelang-australia-open-2022-novak-djokovic-terancam-hukuman-3-tahun-penjara-SBwjUdLz0o.jpg Novak Djokovic saat berlaga. (Foto: Reuters)

MELBOURNE – Kisruh petenis putra nomor satu dunia, Novak Djokovic, untuk tampil di Australia Open 2022 terus berlanjut. Kini, Djokovic juga terancam hukuman tiga tahun penjara bila terbukti bersalah.

Sebagaimana diketahui, Djokovic dilaporkan telah melanggar aturan deklarasi perjalanan menuju Australia saat mendarat di Melbourne pada Sabtu 8 Januari 2022. Sebab itu, pemerintah Australia membatalkan visa petenis asal Serbia itu.

Novak Djokovic

Dalam laporan itu, Djokovic disebut melanggar aturan isolasi 14 hari pasca-dinyatakan positif Covid-19 sebelum tiba di Australia. Djokovic diketahui di antara hari itu menghadiri acara wawancara dan pemotretan dengan surat kabar Prancis, L'Equipe, di pusat tenisnya di Beograd.

BACA JUGA: Menang Banding, Novak Djokovic Tegaskan Bakal Main di Australia Open 2022

Djokovic pun harus mendekap di rumah tahanan imigrasi sementara waktu sebelum menjalani sidang banding pada hari ini. Untungnya, dia menang dan masih berpotensi tampil di ajang Australia Open 2022.

BACA JUGA: Novak Djokovic Bisa Tampil di Australia Open 2022, Ini Respons Rafael Nadal

Namun lagi-lagi, hal itu bergantung pada keputusan pemerintah Australia setuju atau tidak untuk mencabut pembatalan visanya. Diharapkan, keputusan final dibuat pada Kamis (13/1/2021) waktu setempat.

Ironisnya, sebelum keputusan itu terjadi, Perdana Menteri Serbia, Ana Brnabic, menegaskan jika Djokovic melanggar, tentu aturan yang ada di negaranya juga berlaku untuknya. Terlepas dari prestasi membanggakan untuk negara, Djokovic tetap terancam hukuman penjara.

"Saya pikir penting bahwa semua orang tahu bahwa di Serbia hukum berlaku sama untuk semua dan yang pasti tidak ada yang diizinkan untuk melanggar aturan isolasi karena membahayakan kesehatan orang lain," kata Brnabic dikutip laman Mirror, Kamis (13/1/2022).

Novak Djokovic

“Ada beberapa standar yang harus dipenuhi, dalam hal ini menurut saya jika dia mengetahuinya (tes positif Covid) maka itu jelas melanggar aturan,” lanjutnya.

“Sanksinya apa? Itu yang harus dilihat oleh institusi terkait,” lanjutnya

Per Pasal 248 regulasi tentang ‘Kegagalan Bertindak Sesuai Peraturan Kesehatan Selama Epidemi' berbunyi: Siapa pun yang gagal mematuhi aturan menghadapi hukuman maksimal tiga tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini