Share

Jelang MotoGP Indonesia 2022, Presiden Jokowi Soroti Tiga Aspek Kesiapan Sirkuit Mandalika

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 38 2531682 jelang-motogp-indonesia-2022-presiden-jokowi-soroti-tiga-aspek-kesiapan-sirkuit-mandalika-36SOtpI4os.jfif Presiden Jokowi pantau persiapan Sirkuit Mandalika jelang MotoGP Indonesia 2022. (Foto: Biro Setpres/Rusman)

LOMBOK - Jelang MotoGP Indonesia 2022, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo meninjau langsung persiapan dari Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ditemani Menteri BUMN, Erick Thohir, pria yang akrab disapa Jokowi itu lantas memerika tiga aspek yang berkaitan dengan penyelenggaran ajang balap MotoGP tersebut.

Sirkuit Mandalika akan dijadikan salah satu venue untuk memulai tiga seri awal MotoGP musim 2022. Musim depan sendiri akan dimulai dengan gelaran MotoGP Qatar pada 6 Maret 2022, dilanjutkan dengan MotoGP Indonesia pada 20 Maret 2022, kemudian MotoGP Argentina.

Sementara itu, Sirkuit Mandalika juga menjadi venue tes pramusim yang akan digelar pada 11 hingga 13 Februari 2022 mendatang. Sebab itu, Jokowi bersama rombongan mengunjungi Sirkuit Mandalika untuk mengecek kesiapan jelang event akbar tersebut.

Baca Juga: MotoGP Indonesia Digelar di Sirkuit Mandalika, Ini Respons Valentino Rossi dan Marc Marquez

Pengamanan Kedatangan Presiden Jokowi di Mandalika

Jokowi diketahui terbang dari dari Pangkalan Udara TNI AU pada Kamis (13/1/2022) pagi WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Jokowi pun mengungkapkan hal-hal apa saja yang menjadi fokus utama peninjauannya. Jokowi menyorot tiga hal, yakni perbaikan yang meliputi persiapan kedatangan, pemandangan atau landscape dan hambatan yang dialami penyelenggara event.

“Di Airport, mulai dari masuknya seperti apa, sudah PCR atau belum, sudah vaksinasi atau belum, kemudian simulasi loading dan unloading seperti apa, dan yang kedua penataan landscape dari Bandara menuju Mandalika,” kata Jokowi dikutip dari Keterangan Pers Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).

Lebih lanjut Jokowi juga membeberkan keadaan terkini Sirkuit Mandalika dari segi penataan pemandangan. Menurut pengamatannya, pemandangan di sekitar Sirkuit Mandalika terus dipercantik.

“Udah mulai dipercantik, dengan bunga, di bukit-bukit tertentu sudah dihijaukan kembali. Jadi ketika tamu datang, sudah kelihatan lebih cantik dan lebih indah,” sambungnya.

Selain itu, Jokowi juga meninjau kesulitan dan hambatan yang dihadapi organisasi penyelenggara event. Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo itu memeriksa kendala dari segi akomodasi, transportasi dan hotel untuk para turis.

Presiden Jokowi saat jajal Sirkuit Mandalika

“Dan yang ketiga saya juga cek kesiapan organisasi, kesulitan apa yang dihadapi, akomodasi seperti apa, transportasi, hotel, pesawat, kita cek satu persatu,” terangnya.

“Insyaallah semua dalam kondisi siap,” tambahnya.

Indonesia memang dipilih sebagai salah satu lokasi tes pramusim 2022 karena untuk membuat para pembalap MotoGP 2022 merasakan langsung bagaimana Sirkuit Mandalika. Maklum saja, semua pembalap MotoGP memang belum tahu bagaimana kondisi dari sirkuit baru kebanggaaan Indonesia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini