Share

Dua Pebulu Tangkis Terpapar Covid-19, India Open 2022 Langsung Perketat Protokol Kesehatan

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 40 2529745 dua-pebulu-tangkis-terpapar-covid-19-india-open-2022-langsung-perketat-protokol-kesehatan-frAmd43zqQ.jpg Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (Foto: Bagas Abdiel/MPI)

NEW DELHI – Panitia India Open 2022 saat ini tengah memperketat protoko kesehatan jelang bergulirnya turnamen tersebut pada 11 Januari 2022 mendatang. Alasannya karena Terdapat dua pebulutangkis tuan rumah, yakni Sai Praneeth dan Dhruv Rawat dinyatakan positif Covid-19.

Kedua pebulutangkis tersebut dikonfirmasi positif dua hari jelang turnamen yang digelar di New Delhi ini dimulai. Dengan ini, India harus kehilangan satu pemain tunggal putra yang diwakilkan Sai Praneeth dan ganda putra bagi Dhruv Rawat di ajang ini.

Mereka pun saat ini sedang menjalani isolasi di rumah setelah mengalami gejala tersebut ringan termasuk pilek dan batuk. Masalah yang lebih besar lagi, mereka bukan satu-satunya atlet yang harus absen karena alasan Covid-19 tersebut.

Sebelumnya, kabar buruk juga datang dari pasangan ganda putra Inggris Ben Lane/Sean Vendy. Mereka secara resmi mundur dari turnamen ini setelah Sean Vendy dan pelatihnya Nathan Robertson dikonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat Jelang India Open 2022, Bagaimana Nasib Wakil Indonesia?

Ahsan, Tommy, dan Hendra ke India Open 2022

Status itu terdeteksi saat mereka melakukan tes tepat di hari Keberangkatan ke India. Akhirnya kedua pemain ini pun hanya dapat menyaksikan turnamen dengan total hadiah 400 ribu US Dollar ini dari tempat tinggalnya di Inggris.

Melihat maraknya kasus ini, pihak Badminton Association of India (BAI) selaku penyelenggara segera menyatakan pernyataan resmi untuk memperketat protokol kesehatan. Salah satu bentuknya ialah diadakan swab test bagi semua orang sebelum memasuki stadium.

“Kami telah menerima penarikan Sai Praneeth dan Dhruv Rawat karena kedua pemain dinyatakan positif. Kami memantau dengan ketat dan wajib bagi semua pemain untuk memperbarui laporan rt pcr mereka sebelum mencapai New Delhi. Kami juga melakukan tes sebelum semua orang memasuki stadion,” ucap General Sekretaris Organisasi India Open 2022, Ajay Singhania dikutip dari Twitter resmi BAI (@BAI_Media), Senin (10/1/2022).

Penerapan tes ini tentu juga akan dikencangkan kepada atlet-atlet Indonesia yang berlaga di ajang ini. Seperti diketahui, terdapat lima atlet Indonesia yang berpartisipasi di ajang ini.

Mereka adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dari ganda putra, Tommy Sugiarto untuk tunggal putra, dan Fitriani/Yulia Susanto dari ganda putri yang masing-masing juga turun di tunggal putri.

Di babak pertama, The Daddies –julukan Hendra/Ahsan- akan melawan ganda putra India, Prem Singh Chouhan/Rajesh Verma. Sementara Tommy harus menjalani laga sulit melawan Ng Tze Yong dari Malaysia. Kemudian Fitriani/Yulia akan bertemu pasangan Malaysia Vivian Hoo/Lim Chiew Sien.

Tentunya diharapkan India Open 2022 dapat bergulir denga naman setelah protokol kesehatan semakin diperketat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini