Share

Novak Djokovic Dapat Pengecualian Medis, Dipastikan Tampil di Australia Open 2022

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 40 2527506 novak-djokovic-dapat-pengecualian-medis-dipastikan-tampil-di-australia-open-2022-xMrOy8gEZn.jpg Novak Djokovic saat berlaga. (Foto: Reuters)

MELBOURNE – Kepastian soal Novak Djokovic bermain di Australia Open 2022 akhirnya menemukan titik terang. Petenis putra nomor satu dunia itu dipastikan tampil di ajang Australia Open 2022 usai mendapat pengecualian medis.

Sebagaimana diketahui, banyak pertanyaan apakah Djokovic bakal tampil di ajang Grand Slam ini atau tidak. Pasalnya, pihak penyelenggara dan pemerintah telah menetapkan regulasi ketat terkait vaksinasi sebagai pencegahan Covid-19.

Novak Djokovic

Namun, Djokovic dengan idealismenya tidak mau berkompromi terkait status vaksinnya. Ia menganggap aturan vaksin itu merupakan ranah pribadi yang tidak harus dipublikasi.

Penyelenggaraan ini pun terancam tanpa Djokovic. Dengan kata lain, ajang ini akan kehilangan daya tarik dari persaingan pemecahan rekor gelar ke-21 Grand Slam, setelah Roger Federer dipastikan absen dan Rafael Nadal diragukan tampil karena positif Covid-19.

Pihak penyelenggara pun tidak mau kehilangan hal itu. Oleh sebab itu, mereka meminta federasi Tennis Australia (TA) untuk melonggarkan aturan khusus untuk pemain berusia 34 tahun ini.

BACA JUGA: Demi Australia Open 2022, Stefanos Tsitsipas Mundur dari Laga Pembuka ATP Cup

Alhasil, dari satu pernyataan resmi mereka, dengan melalui peninjauan yang ketat, Djokovic mendapat pengecualian medis tersebut. Ia pun dipastikan tampil di ajang yang berlangsung 17-30 Januari 2022.

BACA JUGA: Soal Partisipasi Novak Djokovic di Australia Open 2022, Ketua Penyelenggara Buka Suara

“Novak Djokovic akan berkompetisi di Australia Terbuka dan sedang dalam perjalanan ke Australia,” tulis keterangan resmi tersebut, dikutip laman Tennis 365, Selasa (4/1/2022).

“Djokovic mengajukan permohonan pengecualian medis, yang diberikan setelah proses peninjauan ketat yang melibatkan dua panel ahli medis independen yang terpisah,” lanjut keterangan tersebut.

“Salah satunya adalah Panel Peninjau Pengecualian Medis Independen yang ditunjuk oleh Departemen Kesehatan Victoria. Mereka menilai semua aplikasi untuk melihat apakah mereka memenuhi pedoman Australian Technical Advisory Group on Immunization (ATAGI),” lanjutnya.

Keputusan itu pun didukung oleh Departemen Kesehatan Victoria karena dikonfirmasi bahwa mereka yang telah diberikan pengecualian yakni yang memiliki kondisi medis asli.

Novak Djokovic

"Pemerintah Victoria bekerja sama dengan Tennis Australia untuk membentuk proses yang independen dan ketat untuk menilai permintaan pengecualian medis di Australia Terbuka," menurut pernyataan itu.

“Setiap pemain yang diberikan pengecualian medis akan melalui dua tahap, proses independen untuk memverifikasi bahwa mereka memiliki kondisi medis asli yang memenuhi kriteria pengecualian,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini