Share

Saingi Indonesia, Malaysia Optimistis Lolos ke Final Piala Thomas 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 40 2522848 saingi-indonesia-malaysia-optimistis-lolos-ke-final-piala-thomas-2022-XvQQ8KqUks.jpg Lee Zii Jia, pebulu tangkis andalan Malaysia. (Foto: Instagram/@leeziijia)

DIREKTUR Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann, optimistis timnya melaju ke partai puncak Piala Thomas 2022. Keyakinan itu muncul berdasarkan deretan pemain yang mereka miliki saat ini.

Sejauh ini, Harimau Malaya memiliki masing-masing satu wakil yang kuat di nomor tunggal putra dan ganda putra. Di nomor ganda, mereka punya Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang tampil impresif sepanjang 2021 dan duduk di peringkat tujuh dunia.

Lee Zii Jia

(Lee Zii Jia juara All England 2021)

Sementara itu, di nomor tunggal ada Lee Zii Jia yang juga sedang naik daun dan berada di ranking yang sama. Namun, kekuatan dari dua jagoan tersebut hanya membawa Malaysia mencapai perempatfinal Piala Thomas 2020 yang digelar di Aarhus, Denmark, pada September 2021.

Langkah mereka terhenti setelah kalah 0-3 dari sang musuh bebuyutan, Indonesia. Setelah mengalahkan Malaysia, Indonesia menumbangkan Denmark 3-1 di semifinal dan menghajar China 3-0 di partai puncak.

"Saya yakin dengan line-up saat ini, kami mampu membentuk tim yang kuat. Jadi, kami harus berusaha melaju ke final Piala Thomas,” kata Wong dilansir dari Berita Harian Malaysia, Minggu (26/12/2021).

BACA JUGA: Gara-Gara Main Berbarengan, Pramudya/Yeremia Putuskan Mentas di SEA Games ketimbang Tampil di Piala Thomas 2022

Selain Piala Thomas 2022, Wong Choong Hann juga optimis timnya bisa tampil bagus pada gelaran Birmingham Commonwealth Games 2022. Ia percaya Lee Zii Jia dan kolega bisa membawa pulang medali emas meskipun sekarang jumlah targetnya belum ditentukan.

"Untuk Commonwealth seharusnya kami bisa memiliki emas tetapi berapa banyaknya belum diputuskan. Kami akan mendiskusikannya nanti," jelas pria berusia 44 tahun itu.

Aaron Chia dan Sooh Woi Yik

(Aaron Chia/Soh Wooi Yik, andalan Malaysia di nomor ganda putra)

Wong Choon Hann juga melihat Malaysia bisa mendapatkan emas lewat Aaron/Soh pada ajang Asian Games 2022 yang digelar di Hangzhou, China. Menurutnya, mereka bisa semakin berkembang dan meraih kemenangan jika memperhatikan kesalahan-kesalahan kecil yang dapat diperbaiki.

“Saya pikir Aaron Chia/Soh Wooi Yik seharusnya semakin kuat dan mereka juga pasti melihat peluang di sana dan bisa mengenggam emas. Jika mereka lebih memperhatikan elemen-elemen kecil yang bisa membuat permainan mereka lebih solid, saya yakin mereka mampu meraih kemenangan,” lanjut pria kelahiran Kuala Lumpur itu.

Tanda-tanda kebangitan Aaron Chia/Soh Wooi Yik sudah terlihat tahun ini. Ia merebut medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, termasuk menyingkirkan ganda putra peringkat satu dunia asal Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di perempatfinal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini