Share

Main Bersamaan dengan SEA Games 2022, PBSI Lebih Pilih Turunkan Ganda Putra Unggulan di Piala Thomas

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 40 2533266 main-bersamaan-dengan-sea-games-2022-pbsi-lebih-pilih-turunkan-ganda-putra-unggulan-di-piala-thomas-j3j81jnY41.JPG Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi. (Foto: Bagas Abdiel/MPI)

JAKARTA - Pelatih ganda putra PBSI, Herry Iman Pierngadi (IP) menyebut anak buahnya akan fokus mempersiapkan diri untuk ajang Piala Thomas 2022 ketimbang SEA Games 2022. Karena dua ajang tersebut digelar di waktu yang sama, maka PBSI memang harus memilih turnamen apa yang akan diprioritaskan.

Sebagaimana diketahui, Piala Thomas 2022 akan digelar di Thailand pada 17 - 22 Mei 2022 mendatang. Sementara SEA Games 2022 di Vietnam akan dimulai pada 12 - 23 Mei 2022.

Bentroknya jadwal membuat para pelatih bulu tangkis Indonesia harus memutar otak siapa saja pemain yang berhak tampil di keduanya. Tak terkecuali di nomor ganda putra yang dilatih oleh Herry IP.

Baca Juga:ย Bicara Peluang di Piala Thomas 2022, Kevin Sanjaya dan Mohammad Ahsan Tim Indonesia Bisa Pertahankan Gelar

Marcus/Kevin (Humas PP PBSI)

Herry mengaku sejauh ini sudah ada rencana terkait tampil di kedua ajang ini namun belum secara mendetail. Namun yang pasti, fokus utama dia adalah menampilkan pemain unggulan di Piala Thomas.

Adapun untuk SEA Games, sektor ganda putra akan menurunkan pemain yang lebih muda dan butuh jam terbang. Ia pun mengatakan SEA Games bakal jadi tempat seleksi mereka untuk menembus Piala Thomas musim yang akan datang.

โ€œKita sudah ada planning tapi memang belum dibicarain secara detail, yang main Thomas Cup siapa yang main SEA Games siapa. Tapi lebih kurang gambarannya pasti Thomas Cup target utama pasti yg pemain utama, kalau SEA Games biasanya di ganda putra kita masih memberikan pemain-pemain yang muda,โ€ ucap Herry saat ditemui di Pelatnas Cipayung, 15 Januari 2022 lalu

โ€œSEA Games jadi uji coba main beregu sebelum mereka masuk ke tim Thomas Cup. Itu jadi seleksi masuk tim Thomas Cup,โ€ lanjutnya.

Selain untuk menambah jam terbang untuk para pemain muda, keputusan itu juga tak lepas dari faktor lawan. Dia menganggap kalau tim utama tampil di SEA Games, itu adalah keuntungan bagi lawan yang dapat sparing dengan tim utama.

Herry IP (Foto: Bagas Abdiel/MPI)

โ€œAda dua faktor yg harus kita pikirkan, kalau kita nurunin pemain-pemain yang utama nguntungin negara lain untuk sparing. Kedua kita kasih pemain muda kita dong buat sparing,โ€ sambung Herry IP.

Untuk saat ini, para pemain Pelatnas Cipayung masih menjalani liburan. Diperkirakan semua pemain itu kembali bergabung pada akhir bulan ini.

Setelah masa liburan, para atlet Pelatnas akan diberikan jadwal latihan yang ketat demi memperbaiki diri dari hasil evaluasi 2021. Tentu diharapkan pada 2022 ini para atlet bulu tangkis Tanah Air bisa gemilang di turnamen dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini