Share

Piala Thomas 2022: Menakar Potensi dan Kekuatan Calon Partner Kevin Sanjaya Sukamuljo

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 40 2586158 piala-thomas-2022-menakar-potensi-dan-kekuatan-calon-partner-kevin-sanjaya-sukamuljo-60faER5aHM.jpg Berikut ulasan soal calon partner Kevin Sanjaya Sukamuljo di Piala Thomas 2022 (Foto: Okezone/Heru Haryono)

PIALA Thomas 2022 akan dimulai pada 8-15 Mei mendatang, di Bangkok, Thailand. Indonesia menurunkan para pebulu tangkis terbaik, termasuk Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Namun, Kevin kehilangan partnernya di ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon. Sebab, Marcus masih dalam masa pemulihan cedera pergelangan kaki usai operasi pada 6 April 2022 lalu di Portugal. Alhasil, Pebulu tangkis dengan sapaan akrab Sinyo itu tidak masuk skuad Indonesia untuk Piala Thomas 2022.

Dengan begitu, menarik untuk membahas calon pasangan Kevin di Piala Thomas 2022. Pelatih Ganda Putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi (IP), pekan lalu menyatakan, bahwa kemungkinan besar pemain berusia 27 tahun itu bakal diduetkan dengan Mohammad Ahsan, Muhammad Rian Ardianto atau Bagas Maulana.

Karena menurutnya Kevin membutuhkan tukang gebuk alias pemain belakang. Akan tetapi, Herry IP tak menutup kemungkinan, bahwa Kevin akan dipasangkan dengan pemain lain yang dibawa, yakni Hendra Setiawan, Muhammad Shohibul Fikri, dan Fajar Alfian.

Untuk itu, menarik untuk menakar potensi dan kekuatan dari semua calon pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo di Piala Thomas 2022. Berikut ulasannya:

6. Kevin Sanjaya Sukamuljo-Muhammad Shohibul Fikri

Muhammad Shohibul Fikri dan Bagas Maulana (Foto: PBSI)

Nama terakhir yang kemungkinan bakal berduet dengan Kevin di Piala Thomas 2022 adalah Fikri. Pemain berusia 22 tahun itu merupakan pemain depan yang memiliki kemampuan bermain dalam tempo cepat yang baik.

Dia bisa memberikan tekanan pada lawan dengan variasi serangannya yang banyak dari depan. Dengan begitu, kemungkinan Kevin akan ditarik sebagai pemain belakang meski dalam praktiknya kedua pemain tersebut bisa rotasi.

Sama seperti Bagas, Fikri juga sedang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi usai menjuarai All England 2022. Alhasil, tidak ada keraguan bagi Herry IP untuk menduetkannya dengan Kevin.

5. Kevin Sanjaya Sukamuljo-Bagas Maulana

Bagas Maulana saat tandem dengan Muhammad Shohibul Fikri (Foto: PBSI)

Bagas Maulana juga menjadi nama lainnya yang menurut Herry IP sangat pas dipasangkan dengan Kevin. Sebab, dia punya kemampuan smash yang sangat keras dan tajam sebagai tukang gebuk di belakang.

Pukulan-pukulannya juga akurat dan jarang menyangkut di net. Tentu saja, hal itu sangat cocok dengan permainan Kevin yang bertugas memancing lawan di depan untuk mengangkat bola.

Dari segi mental, Bagas juga dalam kondisi bagus. Pasalnya, belum lama ini, dia menjadi juara All England 2022 bersama Fikri.

4. Kevin Sanjaya Sukamuljo-Fajar Alfian

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Foto: PBSI)

Sama seperti Rian, Fajar juga sedang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dia tampil apik sepanjang Swiss Open 2022 dan Korea Open 2022.

Selain itu, Fajar juga punya gaya permainan cepat seperti Kevin. Alhasil, dia diprediksi tidak akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan pola permainan calon pasangannya itu di Piala Thomas 2022 nanti.

3. Kevin Sanjaya Sukamuljo-Muhammad Rian Ardianto

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Foto: MPI/Bagas Abdiel)

Nama selanjutnya adalah Rian yang juga disebut Herry IP, cocok untuk dipasangkan dengan Kevin. Pasalnya, pemain berusia 26 tahun itu merupakan seorang tukang gebuk di belakang.

Kelebihan dari Rian adalah kepercayaan dirinya yang sedang meningkat saat ini. Sebab, dalam beberapa turnamen terakhir, performa Rian sedang apik-apiknya.

Buktinya, bersama Fajar, Rian mampu menembus partai final pada dua turnamen terakhir. Pasangan ranking sembilan dunia itu mampu menjuarai Swiss Open 2022 meski di Korea Open 2022 harus puas menjadi runner up.

Melihat data tersebut, Rian berpeluang untuk berduet dengan Kevin di Piala Thomas 2022. Mereka bisa mengisi slot kedua di sektor ganda putra, jika The Daddies turun sebagai andalan.

2. Kevin Sanjaya Sukamuljo-Hendra Setiawan

Hendra Setiawan (Foto: Instagram/@sansan_san)

Tak jauh berbeda dengan Ahsan, Hendra Setiawan juga punya jam terbang tinggi sebagai pemain senior. Hal itu tentu akan membuatnya bisa beradaptasi dan mengimbangi pola permainan cepat Kevin dengan mudah.

Kemampuan apiknya mengolah bola di depan net juga menjadi kelebihan tersendiri. Jika dipasangkan dengan Kevin, kemungkinan Hendra akan tetap bermain sebagai playmaker di depan karena Herry IP menyebut Kevin juga bisa bermain di belakang meski pukulannya tak terlalu keras.

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo-Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan (Foto: Instagram/@king.chayra)

Ahsan diprediksi bakal menjadi calon terkuat duet Kevin di Piala Thomas 2022. Pasalnya, kedua pemain tersebut pernah berpasangan pada gelaran Djarum Superliga 2019.

Saat itu, Kevin/Ahsan membela PB Djarum dan membawa tim mereka sampai ke partai final. Pada laga pamungkas, Kevin/Ahsan menyumbang satu poin yang dihasilkan dengan mengalahkan pasangan Musica Trinity, Fajar Alfian/Vladimir Ivanov dengan skor 21-18 dan 21-14.

Selain itu, Ahsan juga merupakan pemain dengan segudang pengalaman yang kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Bersama Hendra, mereka duduk di peringkat dua dunia di bawah Kevin/Marcus.

Dari segi permainan, pemain berusia 34 tahun itu juga memiliki ketenangan yang sangat luar biasa. Dia bisa mengatur tempo permainan dan juga sangat kuat ketika bertahan. Alhasil, dia sangat cocok untuk dipasangkan dengan Kevin.

Baca pembahasan mengenai Jelang SEA Games dan Piala Thomas-Uber selengkapnya di Sportstars.id. melalui link berikut https://www.sportstars.id/tag/event-olahraga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini