Share

Pertama Kali! Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 Digelar di Tepi Sungai

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 08:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 43 2516593 pertama-kali-upacara-pembukaan-olimpiade-paris-2024-digelar-di-tepi-sungai-Xk9MG07VJA.jpg Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung di tepi sungai Seine. (Foto/Twitter/@Paris2024)

PARIS – Pembukaan Olimpiade Paris 2024 mendatang akan menciptakan sejarah. Untuk pertama kalinya upacara pembukaan akan berlangsung di luar stadion dan dihelat di sungai.

Laman resmi Olimpiade Paris 2024 mengonfirmasi kabar itu melalui laman resminya, Selasa (14/12/2021). Pihak penyelenggara berjanji menampilkan keberanian, sisi otentik, dan keunikan sepanjang sejarah olimpiade.

Pihak penyelenggara pun memilih sungai Seine di Paris sebagai venue penyelenggaraan upacara pembukaan tersebut. Sungai ini berada persis di samping ikon negara Prancis yakni Menara Eiffel.

Baca juga: 14 Pemain Timnas Indonesia U-23 Berpeluang Tampil di Olimpiade Paris 2024, Menanti Tuah Shin Tae-yong

Foto/Twitter

Hebatnya lagi, kalau biasanya upacara pembukaan di dalam stadion memerlukan tiket masuk dengan variasi harganya. Namun di Paris nanti event ini akan dibuka untuk umum secara gratis.

“Untuk pertama kalinya Olimpiade Musim Panas, sebuah upacara akan diadakan di luar stadion,” tulis laman resmi Olimpiade Paris 2024 (Paris2024.org).

Baca juga: Gabung BAM, Rexy Mainaky Bakal Bantu Ganda Putra Malaysia Rebut Medali Emas di Olimpiade 2024

“Di Sungai Seine, Upacara Pembukaan paling spektakuler & mudah diakses dalam sejarah Olimpiade. Terbuka untuk semua, terbuka untuk Anda!” lanjut tulisan itu.

“Sebuah upacara yang terbuka untuk sebanyak mungkin orang dan pertama kalinya akan gratis,” lanjut tulisan tersebut.

Gambaran dari upacara ini di antaranya pawai defile atlet akan berlangsung di kapal, dilengkapi dengan kamera untuk memungkinkan pemirsa sedekat mungkin dengan atlet. Berlayar dari timur ke barat melalui Paris, 10.500 atlet akan berjalan di tengah taman bermain yang akan memperbesar penampilan mereka selama enam belas hari.

Sepanjang enam kilometer, penyeberangan akan berakhir di depan Trocadero, tempat final pertunjukan dan upacara protokoler akan berlangsung.

Foto/Twitter

Diprediksi setidaknya 600.000 penonton diundang ke pesta di dermaga dan jembatan Paris, sepuluh kali lebih banyak daripada di stadion dalam konfigurasi Olimpiade. 80 layar raksasa dan sistem suara akan memungkinkan semua orang menikmati suasana magis yang akan disiarkan oleh pertunjukan luar biasa ini ke seluruh ibu kota.

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan menjadi upacara Olimpiade terbesar di dunia. Warga Paris, Dionysia, penduduk Ile-de-France, penonton dari seluruh Prancis dan seluruh dunia, semua orang diundang ke pesta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini