5 Calon Tim Fabio Quartararo di MotoGP 2023, Nomor 1 Suksesor Marc Marquez

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 29 November 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 38 2509039 5-calon-tim-fabio-quartararo-di-motogp-2023-nomor-1-suksesor-marc-marquez-GlBFPrjTyD.jpg Berikut 5 calon kuat tim Fabio Quartararo di MotoGP 2023. (Foto: MotoGP.com)

FABIO Quartararo langsung meraih gelar juara MotoGP di tahun pertamanya mentas bersama tim pabrikan Yamaha. Setelah melewati 18 balapan, El Diablo –julukan Fabio Quartararo– mengoleksi 278 angka, unggul 26 poin dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di tempat kedua.

Musim depan (MotoGP 2022) kontrak Fabio Quartararo bersama Tim Monster Energy Yamaha berakhir. Bukan tak mungkin pembalap asal Prancis ini enggan memperpanjang kontrak dan mencoba peruntungan di tim lain.

Jika hengkang, ke mana Fabio Quartararo akan berlabuh di gelaran MotoGP 2023? MNC Portal (MPI) coba merangkum tim-tim saja yang bisa jadi pelabuhan Fabio Quartararo selanjutnya.

Berikut 5 calon tim Fabio Quartararo di MotoGP 2023:

5. Red Bull KTM

Brad Binder

KTM mengikat Brad Binder hingga 2024 mendatang. Sementara itu, pembalap Red Bull KTM lain, Miguel Oliveira, dikabarkan sudah tidak betah di tim tersebut.

BACA JUGA: Bukan Marc Marquez, Ini Pembalap yang Paling Sering Jatuh di MotoGP 2021

Karena itu, nama Fabio Quatararo dapat dijadikan opsi. Hanya saja jika gagal mendapatkan Quartararo, KTM memiliki pembalap muda lain seperti Raul Fernandez dan Pedro Acosta yang dapat dijadikan pembalap andalan dalam beberapa tahun ke depan.

4. Suzuki Ecstar

Joan Mir

Suzuki membawa Joan Mir juara MotoGP 2020. Faktor ini yang membuat Quartararo tertarik melanjutkan karier bersama pabrikan asal Jepang tersebut.

Terlebih, motor Suzuki mirip dengan Yamaha M1 yang selama ini Quartararo kendarai. Tinggal dengan beberapa perbaikan dan tambahan akan menjadi menarik buat pembalap asal Prancis ini.

3. Aprilia

Aleix Espargaro

Kemungkinan untuk bergabung dalam tim ini tergantung pada idealisme pembalap berusia 22 tahun tersebut. Quartararo secara teoritis akan mendapatkan tawaran uang yang menjanjikan bila bergabung dengan tim ini.

Seandainya motivasi utamanya adalah uang, tentu Aprilia adalah jawabannya. Namun, jiwa mudanya membuat Quartararo masih lapar atas prestasi. Masalahnya dari segi mesin, Aprilia masih kalah cepat dibanding tim pabrikan lain

2. Ducati Lenovo

Francesco Bagnaia

Bukan rahasia lagi bahwa dalam beberapa tahun terakhir Ducati gencar menggaet pembalap papan atas. Di antaranya Jorge Lorenzo pada 2017 hingga Bagnaia demi bersaing dalam perebutan gelar juara.

Sayangnya, langkah itu tidak pernah berhasil. Ducati yang sejak 2019 dikabarkan mengincar Quartararo bisa saja mengajukan tawaran serius mengingat perkembangan pesat mantan rider Petronas Yamaha SRT tersebut.

1. Repsol Honda

Marc Marquez

Marc Marquez memang masih terikat kontrak bersama Repsol Honda hingga MotoGP 2024. Namun, tak ada jaminan The Baby Alien –julukan Marc Marquez– bertahan hingga kontraknya berakhir.

Penyebabnya karena cedera yang dialami Marquez dalam dua musim terakhir membuat tim pabrikan asal Jepang tersebut was-was. Bisa saja Repsol Honda mengakhiri kontrak dengan Marc Marquez dan menunjuk Fabio Quartararo.

Hanya saja, Quartararo harus beradaptasi keras jika gabung Honda. Sebab, motor RC213V dibentuk demi mengakomodasi gaya balap Marc Marquez.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini