MotoGP 2022 Belum Mulai, Bos Honda Sudah Pesimistis

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 38 2506986 motogp-2022-belum-mulai-bos-honda-sudah-pesimistis-3dxTuh9kOf.jpg Motor Honda untuk MotoGP 2022 belum sempurna (Foto: MotoGP)

JEREZ - Bos Repsol Honda, Alberto Puig, belum puas dengan performa motor RC213V edisi MotoGP 2022. Dia mengakui, bahwa motor Honda ini masih tertinggal dari kuda besi pabrikan lainnya.

Hasil uji coba pramusim di Sirkuit Jerez, Spanyol, memang kurang menggembirakan bagi Honda. Mereka hanya bisa mengandalkan satu pembalapnya, yaitu Pol Espargaro, karena Marc Marquez sedang cedera.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Padahal, Honda sudah mengembangkan motor dengan perubahan yang cukup radikal. Salah satunya adalah menggunakan fairing yang lengkap dengan desain aerodinamika terbaru.

BACA JUGA: Alberto Puig Ungkap Kabar Terbaru Marc Marquez: Dia Butuh Banyak Istirahat

Belum lagi, tiap pembalap, yang sudah menjajalnya, memberikan komentar berbeda. Hal itu membuat Puig makin pusing untuk menentukan arah pengembangan motor.

“Tidak mudah untuk menjawabnya. Karena terkadang, kami juga tidak tahu jawabannya. Setelah uji coba, teknisi harus mengumpulkan seluruh informasi, baru menentukan arah selanjutnya,” kata Puig, dikutip dari Motorsport, Kamis (25/11/2021)

“Kami terus menguji coba dan mengembangkan motor dalam waktu bersamaan. Kami selalu bisa mengembangkan motor dan tidak ada batasan. Kami berusaha untuk memahami yang terbaik bagi pembalap, berdasar sasis dan mesin berbeda,” ujarnya.

“Kami masih jauh dari kata siap. Tetapi, penting bagi kami untuk melanjutkan uji coba. Terlepas dari situasi yang sulit mengenai pembalap, karena Marc tidak ada di sini, kami mendapat informasi bagus,” tutur Puig.

Pol Espargaro (Foto: MotoGP)

Meski uji coba resmi berakhir, Honda diperkirakan bakal menjalani pengetesan pribadi. Pembalap penguji, Stefan Bradl, pun mengungkapkan, bahwa ada jadwal pengetesan yang akan berlangsung pada Desember 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini