Lagi, Marcus/Kevin Dapat Dukungan dari Pebulu Tangkis Lain Usai Dirugikan Hawkeye di Indonesia Masters 2021

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 40 2504978 lagi-marcus-kevin-dapat-dukungan-dari-pebulu-tangkis-lain-usai-dirugikan-hawkeye-di-indonesia-masters-2021-36jdH98e4B.JPG Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: PBSI)

NUSA DUA – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tengah diserang oleh sejumlah pebulu tangkis lantaran teknologi hawkeye yang telah merugikan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat tampil di semifinal Indonesia Masters 2021. Jika sebelumnya ada tunggal putra asal Prancis, Christo Popov yang protes, kini giliran para pemain dari Denmark, yang ikut mempertanyakan fungsi dari hawkeye tersebut.

Peristiwa itu bermula ketika lawan Minions -julukan Marcus/Kevin- asal Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di semifinal Indonesia Masters 2021 yang berlangsung pada Sabtu 20 November 2021. Pada saat itu, pasanagan Malaysia etrsebut meminta challenge kepada wasit saat skor berada di angka 20-18 untuk keunggulan mereka.

Challenge itu diminta karena asangan Negeri Jiran itu mencoba mencari keberuntungan ketika service yang mereka lakukan dianggap tidak melewati garis depan. Tentunya challenge pun dilakukan.

Baca Juga: Marcus/Kevin Dirugikan Hawkeye di Semifinal Indonesia Masters 2021, Ini Respons Mengejutkan Christo Popov

Rasmussen soal Marcus/Kevin yang dirugikan hawkeye

Wasit mengabulkan permintaan mereka untuk meninjau ulang bola tersebut. Tak disangka, teknologi hawkeye yang digunakan malah memutuskan service tersebut mengenai garis. Padahal sangat jelas terlihat dari tayangan ulang di layer kaca bahwa bola jauh dari garis.

Kemudian, wasit pun membuat keputusan sesuai dari tinjauan ulang yang dilakukan oleh hawkeye. Alhasil, Ong/Teo menutup gim pertama dengan keunggulan 21-18.

Melihat kejadian tersebut, pebulu tangkis asal Denmark, Anders Skaarup Rasmussen yang ikut merasa geram langsung mengunggah video momen itu di Instagram pribadinya. Nada protes kepada BWF pun ditulisnya pada keterangan video.

“Apa-apaan @bwf.official??? Kejadian itu terjadi di set poin? Bagaimana kami bisa percaya dengan hawkeye lagi?,” tulis Rasmussen di Instagram-nya, @anders_skaarup_rasmussen, Minggu (21/11/2021).

Respon serupa juga dilontarkan oleh dua pemain Denmark lainnya, Viktor Axelsen dan Anders Antonsen. Mereka berdua juga mempertanyakan mengapa insiden tersebut bisa terjadi dan kehilangan kepercayaan dengan hawkeye.

“Apa? Bukan berarti aku mempercayai hawkeye, tapi ini keterlaluan,” tulis Axelsen di Instagram-nya, @viktoraxelsen.

“Apa yang terjadi disini?” ungkap Antonsen di media sosial yang sama, @anders_antonsen.

Marcus/Kevin (Badminton Photo)

Insiden kontroversial tersebut memang membuat kaget seluruh pecinta bulutangkis dunia. Terlebih momen itu terjadi di kejuaraan bergengsi seperti Indonesia Masters 2021. Namun, hingga berita ini dibuat BWF belum memberikan penjelasan apapun mengenai kesalahan yang dibuat oleh hawkeye tersebut.

Kendati sempat tertinggal di gim pertama, Minions mampu membalikkan keadaan di dua gim berikutnya. Pasangan nomor satu dunia itu mengunci kemenangan di gim kedua dan ketiga dengan skor 21-17 dan 21-11.

Dengan hasil tersebut, Marcus/Kevin melangkah ke babak final Indonesia Masters 2021. Mereka akan berhadapan dengan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, pada Minggu (21/11/2021).

Secara di atas kertas, Marcus/Kevin jelas diunggulkan. Tentunya Indonesia pun berharap Minions bis memberikan gelar juara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini