Share

5 Pembalap yang Bisa Gantikan Valentino Rossi sebagai Ikon MotoGP, Nomor 1 Musuh The Doctor

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 38 2495943 5-pembalap-yang-bisa-gantikan-valentino-rossi-sebagai-ikon-motogp-nomor-1-musuh-the-doctor-dbclYiaYfW.jpg Valentino Rossi (kanan), statusnya sebagai ikon MotoGP dapat digantikan Marc Marquez. (Foto: MotoGP.com)

VALENTINO Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP akhir tahun ini. Hal itu berarti, berakhir sudah perjalanan 25 tahun The Doctor –julukan Valentino Rossi– di ajang grand prix.

Selama mentas di ajang grand prix khususnya MotoGP, Valentino Rossi disebut sebagai ikon. Status itu dipegang karena tak hanya menyabet tujuh gelar juara dunia, juga karena sikap bersahaja The Doctor ketika berada di luar lintasan.

Setelah Valentino Rossi pensiun, siapa yang sanggup menggantikan kebintangan Valentino Rossi di MotoGP? Sejumlah pembalap bisa menggantikan peran Valentino Rossi, meski butuh usaha ekstra untuk melakukannya.

Berikut 5 pembalap yang bisa gantikan Valentino Rossi sebagai ikon MotoGP:

5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia telah memegang satu gelar juara dunia, tepatnya di kelas Moto2 pada 2018. Hal itu merupakan modal bagi Francesco Bagnaia untuk mendapatkan gelar juara dunia yang lebih bergengsi lagi, yakni MotoGP.

BACA JUGA: 5 Pembalap MotoGP yang Dibenci Valentino Rossi, Nomor 1 Sampai Baku Hantam

Musim ini, Francesco Bagnaia bersaing ketat dengan Fabio Quartararo dalam perebutan gelar juara, meski akhirnya kalah. Karena itu, jangan heran jika Francesco Bagnaia langsung membidik gelar juara sejak awal MotoGP 2022, sesuatu yang tidak dicanangkannya pada awal musim ini.

4. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Joan Mir

Joan Mir telah memegang satu gelar juara dunia, tepatnya MotoGP 2020. Sayangnya, rider asal Spanyol ini gagal mempertahankan gelarnya pada MotoGP 2021. Namun, ada satu kelemahan yang dimiliki Joan Mir untuk menjadi ikon baru MotoGP.

Ketika sudah berada di posisi yang menguntungkan, Joan Mir kerap bermain aman. Tak heran, meski saat ini menempati posisi tiga klasemen sementara MotoGP 2021, Joan Mir sama sekali belum memenangi balapan.

3. Luca Marini (SKY VR46)

Luca Marini

Luca Marini memang melempem di MotoGP 2021. Namun, adik tiri Valentino Rossi ini diprediksi gagal tampil optimal karena belum mendapatkan motor yang kompetitif.

Jika suatu hari nanti mendapat kesempatan dikontrak tim pabrikan mapan macam Honda atau Yamaha, Luca Marini berpeluang mengikuti jejak Valentino Rossi. Terlebih, Valentino Rossi menyebut nama Luca Marini sebagai satu dari enam nama calon juara MotoGPP 2022.

2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

Fabio Quartararo

Baru berusia 22 tahun, Fabio Quartararo sudah menyegel gelar juara. Pembalap asal Prancis ini tercatat sebagai kampiun MotoGP 2021. Hebatnya, El Diablo –julukan Fabio Quartararo– dinyatakan juara ketika kompetisi masih menyiasakan dua balapan.

Berhubung masih sangat muda, Fabio Quartararo berpeluang mengejar perolehan gelar juara milik Valentino Rossi. Terlebih Quartararo membela Yamaha sama seperti Valentino Rossi (2004-2010 dan 2013-2021), sehingga kemiripan mereka makin dapat.

1. Marc Marquez (Repsol Honda)

Marc Marquez

Di posisi puncak ada rival alias musuh Valentino Rossi, Marc Marquez. Ketimbang nama lain, Marc Marquez paling layak disebut sebagai ikon MotoGP menggantikan Valentino Rossi.

Koleksi enam gelar juara MotoGP menjadi salah satu alasannya. Ditambah lagi, The Baby Alien –julukan Marc Marquez– juga dikenal sebagai sosok yang bersahaja.

Ketika berada di depan kamera, Marc Marquez tak segan melemparkan senyum kepada pada fans. Jadi dari sekian nama di atas, siapa menurut Anda yang paling layak menjadi ikon MotoGP menggantikan Valentino Rossi?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini