Share

Nasib Sial Kento Momota di French Open 2021: Cedera dan Hilang Poin Usai Mundur saat Lawan Sesama Wakil Jepang

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 31 Oktober 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 31 40 2494485 nasib-sial-kento-momota-di-french-open-2021-cedera-dan-hilang-poin-usai-mundur-saat-lawan-sesama-wakil-jepang-DlbrALYwsx.jpg Kento Momota gugur di semifinal French Open 2021 dari rekan senegaranya (Foto: Reuters)

PARIS - Tunggal putra nomor satu dunia asal Jepang, Kento Momota, menelah pil pahit di French Open 2021. Sebab, seluruh poin Momota sejak babak pertama hingga semifinal hilang usai mundur saat lawan kompatriotnya, Kanta Tsuneyama, di semifinal.

Semua berawal dari pertarungan sengit antara Momota kontra Kanta. Tunggal putra nomor satu dunia itu menang di gim pertama 26-24 atas Tsuneyama.

Kento Momota (Foto: Reuters)

Laga harus dilanjutkan dengan rubber game karena Momota kalah telak 11-21 di gim kedua. Akan tetapi, Momota mundur usai Kanta mendapatkan poin pertamanya di gim ketiga karena cedera.

Keputusan tersebut sayangnya membuat Momota kehilangan semua poin yang telah dikumpulkannya di French Open 2021. Pasalnya, dia mundur ketika berhadapan dengan kompatriotnya.

BACA JUGA: Hasil Lengkap Semifinal French Open 2021: Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Taklukkan Fajar/Rian, Kento Momota Mundur

Hal itu merujuk pada peraturan BWF yang diterapkan sejak 2015 lalu. Dalam aturan itu disebutkan, bahwa pemain yang mundur di tengah laga saat melawan kompatriotnya di turnamen level Super 500 atau lebih tinggi, pemain itu mendapatkan nol poin pada turnamen itu.

Sebenarnya, peraturan tersebut diterapkan untuk meminimalkan terjadinya kecurangan dengan berbagai alasan. Ambil contoh, demi mengangkat ranking kompatriotnya sehingga membiarkannya lolos ke babak berikutnya atau agar rekannya bisa menyimpan tenaga untuk bisa tampil maksimal di pertandingan selanjutnya.

Namin, peraturan tersebut perlu ditinjau ulang kembali. Sebab, berkaca pada kasus Momota, dia cedera sehingga tidak bisa meneruskan pertandingan. Sialnya, cedera itu terjadi saat dia berhadapan dengan Kanta.

Kento Momota (Foto: Reuters)

Alhasil, Momota pun harus pulang dengan kondisi cedera sekaligus menjadi korban dari aturan BWF. Kini, Momota mesti segera memulihkan diri demi tampil apik di tiga turnamen besar yang akan berlangsung di Bali, Indonesia, yaitu Indonesia Masters 2021, Indonesia Open 2021, dan BWF World Tour Final 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini