Sedih Tak Lihat Bendera Merah Putih saat Juarai Piala Thomas 2020, Marcus Gideon: Semoga Kasusnya Cepat Selesai

Rio Erfandi, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 40 2488236 sedih-tak-lihat-bendera-merah-putih-saat-juarai-piala-thomas-2020-marcus-gideon-semoga-kasusnya-cepat-selesai-K0WKJFgxsL.jpg Marcus Fernaldi Gideon bersama Piala Thomas. (Foto: Instagram/marcusfernaldig)

AARHUS – Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon merasa sangat sedih karena tidak bias melihat bendera Merah Putih berkibar di podium Piala Thomas 2020. Padahal Tim Indonesia memenangkan turnamen tersebut usai melibas China 3-0 difinal Piala Thomas 2020 pada Minggu 17 Oktober 2021 malam WIB.

Seperti diketahui, Badan Anti Doping Dunia (WADA) mengirim surat pada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) terkait program uji doping kepada para atlet. Indonesia pun dinilai tidak bisa memenuhi test doping plan (TDP) pada tahun lalu dan juga belum memenuhi TDP untuk tahun 2021.

Bukan hanya Indonesia saja yang menerima surat tersebut. Tetapi, negara lainnya seperti Thailand dan Korea Utara mendapat surat dari WADA pada 7 Oktober lalu. Ketiga negara tersebut pun tak memberikan klarifikasi selama 21 hari yang telah diberikan oleh WADA.

Baca Juga: Tak Mau Kejadian Piala Thomas 2020 Terulang, Menpora Bentuk Tim Khusus untuk Tangani Masalah dengan WADA

Marcus/Kevin (Badminton Photo)

Sementara itu, dalam situasi tersebut, Indonesia berhasil membawa trofi Piala Thomas 2020 ke Tanah Air. Ini merupakan momen paling membahagiakan karena terakhir kali Indonesia mendapatkan gelar tersebut pada 19 tahun silam.

Sayangnya di momen membanggakan ini, bendera Merah Putih tidak berkibar ketika prosesi pemberian trofi dan pengalungan medali. Sebagai gantinya, Merah Putih digantikan dengan logo PBSI selaku federasi yang membawahi tim bulu tangkis Indonesia.

Kejadian ini menjadi pertama kalinya, di mana bendera pemenang Piala Thomas tak dikibarkan di atas podium. Akan tetapi, bendera China selaku runner-up, kemudian Jepang dan Denmark yang merebut medali perunggu dikibarkan.

Melihat kejadian tersebut banyak mengundang reaksi dari berbagai kalangan. Tak terkecuali dari sang atlet sendiri yakni Marcus Fenaldi Gideon yang mewakili Indonesia di ajang Piala Thomas 2020.

Marcus Gideon mengaku sangat kecewa sekaligus sedih lantaran tak dapat melihat bendera Merah Putih berkibar di atas podium. Ini juga merukapan salah satu momen yang tak terbayangkan sebelumnya.

Lebih lanjut Marcus Gideon mengatakan bahwa dirinya sangat berharap kondisi dan situasi ini cepat selesai. Sebab, di akhir musim ini hingga musim depan, Indonesia sangat disibukkan dengan berbagai ajang kejuaraan bergengsi seperti BWF World Tour Final, Asian Games dan Thomas Cup tahun depan.

 Bendera PBSI berkibar di podium Piala Thomas 2020

“Cukup sedih sih enggak ada Bendera Merah-Putih. Mudah-mudahan masalah WADA cepat beres,” ucap Gideon dalam keterangan pers PBSI yang diterima MPI, Senin (18/10/2021).

Tentunya kecewa jelas dirasakan Marcus dan kawan-kawan. Kendati begitu, Tim Indonesia saat ini sudah mengalihkan fokus untuk menghadapi kejuaraan Denmark Open 2021 yang digelar pekan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini