Ganda Putra Jadi Andalan Indonesia di Piala Sudirman 2021, 3 Wakil Siap Main

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 40 2476901 ganda-putra-jadi-andalan-indonesia-di-piala-sudirman-2021-3-wakil-siap-main-zdtkuPnnWv.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kala berhadapan di pertandingan. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

VANTAA – Tim Bulu Tangkis Indonesia akan segera memulai perjalanannya di pentas Piala Sudirman 2021. Jelang melakoni laga perdana melawan Rusia, sektor ganda putra pun diprediksi akan menjadi andalan bagi Tim Bulu Tangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021.

Pasalnya, Tim Merah Putih punya tiga pasangan yang kuat di nomor tersebut. Mereka dalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang kini menempati ranking 1 dunia, kemudian ada Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang berada di urutan kedua dunia, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di urutan ketujuh dalam ranking BWF.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Dalam turnamen beregu campuran tersebut, Indonesia akan menjalani laga perdana Grup C melawan Rusia. Semua pasangan yang disebut di atas pun siap untuk diturunkan saat berhadapan dengan wakil dari Eropa itu.

BACA JUGA: Jadwal Tim Indonesia di Fase Grup Piala Sudirman 2021

Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Pelatih Ganda Putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi. Menurutnya, siapa pun yang akan diturunkan di nomor ganda putra siap menyumbang poin untuk Tim Garuda.

BACA JUGA: Jelang Piala Sudirman 2021, Greysia/Apriyani Akui Tidak Dalam Kondisi Prima

"Siapa yang akan diturunkan, mereka siap. Sektor ganda putra, yang selalu diandalkan merebut poin kemenangan, siap mengemban tugas. Kami ingin selalu menyumbang poin dan tidak ingin sampai kecolongan," kata Herry dikutip dari rilis resmi PBSI, Minggu (26/9/2021).

Di atas kertas, Indonesia memang sangat unggul dari Rusia di sektor ganda putra. Pasangan terbaik mereka, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov, punya rekor buruk saat bertemu ketiga pasangan tersebut di atas.

Jika dilihat dari rekor pertemuan dengan ganda terbaik Tim Merah Putih saat ini, Marcus/Kevin, Ivanov/Sozonov tidak bisa berbicara banyak. Pasangan Rusia itu tidak pernah menang dari The Minions –julukan Marcus/Kevin–  dan telah menelan enam kali kekalahan.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Statistik yang sama juga dicatatkan oleh Ivanov/Sozonov saat melawan Ahsan/Hendra. Sedangkan ketika berhadapan dengan Fajar/ Rian, mereka menang satu kali dan kalah dua kali.

Dengan statistik tersebut, Indonesia diprediksi bisa mendapatkan poin dari sektor ganda putra. Meskipun di nomor lain, Tim Merah Putih juga sangat diunggulkan.

Laga Indonesia vs Rusia di Piala Sudirman 2021 sendiri akan berlangsung pada Minggu (26/9/2021) pukul 20.00 WIB. Laga ini akan digelar di Energia Areena, Vantaa, Finlandia. Selain melawan Rusia, Indonesia juga akan berhadapan dengan Kanada dan Denmark di babak penyisihan grup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini