Rivalitas Lewis Hamilton dan Max Verstappen Makin Panas, Gerhard Berger: F1 Butuh Itu

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 37 2475290 rivalitas-lewis-hamilton-dan-max-verstappen-makin-panas-gerhard-berger-f1-butuh-itu-fVVzyOfRij.jpg Lewis Hamilton vs Max Verstappen dalam perebutan gelar juara F1 2021 (Foto: Reuters)

SOCHI - Mantan pemain Formula One (F1), Gerhard Berger, menikmati rivalitas Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) dengan Max Verstappen (Red Bull Racing) pada musim 2021. Menurutnya, F1 butuh persaingan seperti itu.

Sebagaimana diketahui, Verstappen kini memimpin klasemen sementara dengan koleksi 226,5 poin. Dia unggul lima poin dari Hamilton di posisi kedua.

Lewis Hamilton vs Max Verstappen (Foto: Twitter/@F1)

Mereka sama-sama meraih podium sebanyak 10 kali meski pembalap asal Belanda  mengumpulkan podium pertama lebih banyak dari rival terdekatnya itu dengan tujuh kemenangan.

Selain itu, pembalap Red Bull dan Mercedes itu juga telah terlibat dalam dua kali kecelakaan. Mereka mengalami insiden di Silverstone, Inggris, yang membuat Hamilton lebih banyak disalahkan. Sedangkan, insiden kedua terjadi di Monza, Italia, yang menjadikan Verstappen panen kritik.

Serunya persaingan kedua pembalap tersebut mendapatkan pujian dari Berger yang menjalani 14 musim di F1. Menurutnya, itu adalah sesuatu yang penting bagi F1 untuk menambah daya tarik penonton dengan adanya perebutan gelar antara dua pembalap besar.

BACA JUGA: Soal Insiden dengan Max Verstappen di F1 GP Italia 2021, Ralf Schumacher Sebut Lewis Hamilton Lebay

"Bagaimana saya melihatnya (insiden Monza)? Bagi saya itu adalah insiden balapan. Tetapi, apabila anda benar-benar ingin melihat siapa yang bisa berbuat paling banyak untuk mencegah kecelakaan, mungkin Max. Itu sebabnya dia mendapatkan penalti grid," kata Berger, dilansir dari Planet F1, Kamis (23/9/2021).

“Namun, jauh lebih penting adalah inilah yang dibutuhkan F1. Ini adalah balapan," tuturnya.

"Akhirnya, kami memiliki dua orang berkelas yang saling berlomba dan yang membuat lebih baik lagi mereka berasal dari dua tim yang berbeda,” ucap Berger.

“Bisakah Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda memiliki pembalap ketiga di Ferrari yang bertarung di depan juga? Anda akan memiliki tribun penonton penuh dan orang-orang menontonnya lagi," ungkapnya.

Lewis Hamilton vs Max Verstappen (Foto: Reuters)

"Inilah yang dicari F1 selama bertahun-tahun. Sangat penting bagi olahraga ini untuk memiliki hal-hal seperti itu,” tegas pria yang kini mengepalai tim ITR di ajang balapan DTM itu.

Verstappen dan Hamilton bisa mencetak sejarah jika juara pada akhir musim ini. Jika Verstappen juara, dia menjadi orang Belanda pertama yang menjuarai F1. Sementara itu, Hamilton menjadi pembalap pertama dengan delapan gelar juara F1 jika jadi yang terbaik pada musim ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini