Bukan Denmark, Ini Lawan Terberat Tim Bulu Tangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 40 2471993 bukan-denmark-ini-lawan-terberat-tim-bulu-tangkis-indonesia-di-piala-sudirman-2021-GA8U6yepuV.jpg Wang Yilyu/Huang Dongping ganda campuran peraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Reuters)

JAKARTA Piala Sudirman 2021 akan berlangsung pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 di Vantaa, Finlandia. Tim Indonesia tergabung di Grup C bersama Denmark, Kanada, dan ROC

Pada fase grup dianggap menjadi lawan yang bisa mengalahkan Indonesia. Namun, lawan terberat skuad bulu tangkis Merah Putih bukanlah Denmark melainkan China dan Jepang.

Foto/BWF

Jika melihat komposisi skuad bulu tangkis China sebagai unggulan pertama masih terbilang cukup tangguh. Mengingat, China cukup selektif dalam memilih skuadnya, di antaranya pemain penentu kemenangan Piala Sudirman tahun 2019 lalu yaitu Shi Yuqi di sektor tunggal putra, Chen Yufei di sektor tunggal putri, ganda campuran peraih medali emas Olimpiade Tokyo Wang Yilyu/Huang Dongping, serta ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yifan.

Baca juga: Ini Penjelasan PBSI Masukkan 4 Pemain Muda ke Piala Sudirman 2021

Meski tidak diperkuat dengan ganda putra andalannya yang berjuluk duo menara yaitu Li Junhui/Liu Yuchen dan ganda campuran peringkat satu dunia Zheng Siwei/Huang Yaqiong, tetapi Indonesia patut waspada dengan kekuatan pemain muda China.

Baca juga: Menakar Peluang Tim Bulu Tangkis Indonesia Melawan Denmark di Piala Sudirman 2021

Seperti diketahui, pemain pelapis China memang sudah silih berganti mendominasi di setiap turnamen BWF (Badminton World Federation). Ditambah lagi dengan perkembangan kekuatan yang merata disetiap sektornya tentunya semakin sulit untuk Indonesia.

Sementara itu, unggulan kedua yaitu skuad bulu tangkis Jepang juga tak kalah kuatnya. Meski baru-baru ini skuad Jepang kehilangan tiga pemain hebatnya di sektor ganda putra yaitu Hiroyuki Endo, Takeshi Kamura, dan Keigo Sonoda, tetapi masih ada empat sektor unggulan lain yang dimiliki Jepang.

Di antaranya tunggal putra diisi oleh Kento Momota, Akane Yamaguchi dan Nozomi Okuhara di sektor tunggal putri, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara di sektor ganda putri, serta Arisa Higashino/Yuta Watanabe di sektor ganda campuran.

Foto/Reuters

Komposisi keempat sektor unggulan tersebut, terbilang cukup moncer dan berbahaya. Berkaca pada Piala Sudirman 2019 lalu, Indonesia harus angkat koper melawan Jepang dengan skor 3-1 di babak semifinal.

Tentunya, Indonesia harus berjuang lebih keras untuk menenggelamkan dua lawan terberatnya yaitu China dan Jepang di Piala Sudirman edisi tahun ini. Meski sedikit agak sulit, tetapi bukan hal yang tidak mungkin jika Indonesia mampu membuat gebrakan dengan menurunkan para pemain mudanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini