Menakar Peluang Tim Bulu Tangkis Indonesia Melawan Denmark di Piala Sudirman 2021

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 14 September 2021 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 40 2471359 menakar-peluang-tim-bulu-tangkis-indonesia-melawan-denmark-di-piala-sudirman-2021-6pLxSK8pDW.jpg Anthony Ginting mengalahkan Anders Antonsen di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Reuters)

VANTAA – Tim bulu tangkis Indonesia berada di Grup C Piala Sudirman 2021 bersama Denmark, Kanada, dan Rusia. Denmark diprediksi akan menjadi lawan paling sulit di babak fase grup.

Tim bulu tangkis Indonesia sebelumnya sudah sembilan kali bertemu dengan Denmark di babak fase grup, yaitu 1993,1995, 1997, 2001, 2003, 2007, 2015, 2017, 2019.

Foto/Reuters

Berkaca pada pertandingan terakhir yaitu Piala Sudirman 2019, Indonesia harus menelan kekalahan pahit dengan Denmark dengan skor 2-3. Kendati demikian, Indonesia tetap berhasil keluar sebagai juara grup 1B.

Baca juga: Skuad Tim Indonesia Piala Sudirman 2021 Telah Ditentukan, Siapa Jadi Kapten?

Berdasarkan catatan buruk tersebut, pada Kejuaraan Piala Sudirman edisi kali ini Indonesia harus terus meningkatkan kewaspadaan dengan kekuatan skuad bulutangkis Denmark.

Baca juga: Daftar Skuad Tim Bulu Tangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021

Terutama pada kekuatan sektor tunggal putra yang diisi oleh dua jagoan Denmark yaitu Victor Axelsen dan Anders Antonsen. Pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Victor Axelsen sukses menapaki podium tertinggi dan membawa pulang medali emas setelah bersaing sengit dengan tunggal putra China yaitu Chen Long.

Tentu, dari hasil fantastis tersebut bisa dikatakan bukan hal yang mudah bagi Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan untuk menghadapi Denmark di ajang Kejuaraan beregu dua tahunan terbesar tersebut.

Kendati demikian, skuad bulu tangkis Merah Putih masih memiliki kekuatan dari sektor unggulan yaitu ganda putra yang diisi oleh Kevin Sanjaya Sukomulyo/Marcus Fernaldi Gideon yang bisa katakan cukup moncer dalam menghalau serangan dari ganda putra Denmark.

Pasalnya, pada setiap turnamen yang diselenggarakan oleh BWF (Badminton World Federation), skuad ganda putra Indonesia selalu memetik hasil yang cukup memuaskan saat berhadapan dengan ganda putra Denmark.

Foto/Reuters

Tak hanya bertumpu pada kekuatan sektor ganda putra saja, Indonesia juga diperkuat dengan dihadirkannya ganda putri andalan yaitu Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang juga selalu memetik kemenangan saat berhadapan dengan ganda putri dari Denmark.

Meskipun hanya sektor tunggal putra saja yang paling menonjol dari Denmark, bukan berarti membuat Indonesia besar kepala. Saat ini, hampir seluruh sektor bulu tangkis Denmark mengalami perkembangan yang cukup bagus.

Indonesia tentu harus menyalakan alarm peringatan dan tidak boleh menganggap remeh kekuatan Denmark jika tidak ingin trofi yang akrab disapa Papah Sudirman itu hanya menjadi angan-angan saja. Semoga kekuatan pemain muda Indonesia dapat berhasil melampaui kekuatan Denmark.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini