Gabung Aprilia Gresini, Jorge Lorenzo Beri Maverick Vinales Kritik Pedas

Rio Eristiawan, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 38 2471373 gabung-aprilia-gresini-jorge-lorenzo-beri-maverick-vinales-kritik-pedas-G9Gb3AJjob.jpg Maverick Vinales dikritik Jorge Lorenzo karena gabung Aprilia Gresini (Foto: MotoGP)

LUGANO - Legenda MotoGP, Jorge Lorenzo, mengkritik Maverick Vinales yang memilih melanjutkan kariernya bersama Aprilia Gresini. Sekadar informasi, Viinales gabung Aprilia usai dipecat Monster Energy Yamaha pada pertengahan musim MotoGP 2021.

"Ini bukan pertama kalinya kami melihat pergerakan drastis di pihaknya (Vinales) selama kariernya. Dia pernah melakukan itu, khususnya ketika masih muda," kata Lorenzo, dilansir dari Tuttomotoriweb, Rabu (15/9/2021).

Maverick Vinales (Foto MotoGP)

Menurut Lorenzo, keberadaan Fabio Quartararo sebagai rekan baru Vinales di Yamaha pada musim ini memberikan tekanan berarti. Alih-alih termotivasi untuk menunjukkan kemampuan lebih baik, performa Vinales justru menurun.

BACA JUGA: Debut dengan Aprilia di MotoGP Aragon 2021 Berakhir Buruk, Maverick Vinales Tidak Terlalu Kecewa

“Kedatangan pembalap muda seperti Quartararo tidak mendorongnya untuk naik ke level yang lebih tinggi. Faktanya, yang terjadi justru sebaliknya. Itu membuatnya lebih lemah secara mental, karena dia sangat menderita dari kekuatan Fabio,” lanjutnya.

“Ketika rekan setim Anda berjalan setengah detik atau satu detik lebih cepat dari Anda, ini mulai membebani Anda secara mental. Jika Anda tidak terlalu kuat dan sangat positif, mulailah berpikir negatif,” ujar Lorenzo.

Oleh karena itu, Lorenzo menilai kepindahan Vinales ke Aprilia salah. Bila dilihat di atas kertas, itu merupakan langkah mundur dalam hal daya saing untuk merebutkan gelar juara.

"Dia membutuhkan tim baru dan orang-orang baru untuk merasa lebih bahagia dan lebih termotivasi. Rupanya dia mengendarai motor yang lebih buruk, di tim yang lebih buruk. Sejarah mengatakan ini. Tapi, Anda tidak pernah tahu,” tambahnya.

Maverick Vinales (Foto MotoGP)

Debut Vinales bersama Aprilia dalam balapan MotoGP Aragon 2021 masih jauh dari yang diharapkan. Ia hanya mampu finis di urutan 18 di Sirkuit Aragon, akhir pekan lalu. Akan tetapi, Vinales tidak ambil pusing dengan hasil buruk tersebut karena itu masih bagian dari adaptasinya.

“Penilaiannya positif, pada akhirnya sangat penting bagi kami untuk menambah jam terbang, saya telah melihat sisi baik dan buruknya. Saya tidak memiliki kecepatan seperti yang ada di depan, tapi perlahan kami akan tiba," kata Vinales, dikutip dari Speedweek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini