Jadi Tema Haornas 2021, Apa Maksud dari Desain Besar Olahraga Nasional?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 43 2468303 jadi-tema-haornas-2021-apa-maksud-dari-desain-besar-olahraga-nasional-EmerS5aqzc.jpg Menpora Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan bahwa Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju akan menjadi tema pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38, Kamis 9 September 2021 besok. Tema itu dipilih karena Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo akan memperkenalkan Desain Besar Olahraga Nasional yang sudah dirancang sejak tahun lalu.

Seperti yang diketahui, dalam Haornas 2020, Presiden Jokowi meminta kepada Zainudin untuk membentuk sebuah sistem olahraga nasional yang jelas. Sejak mendapatkan mandat dari Presiden RI tersebut, Kemenpora dibantu berbagai pihak menciptakan sebuah desain besar yang mengatur ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional.

Lantas, apa sebenarnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)? Seperti yang sudah dikatakan di atas, DBON merupakan cara untuk mengatur ekosisten olahraga di Indonesia agar menjadi lebih baik.

Baca Juga: Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju Jadi Tema Haornas 2021

Zainudin Amali

Desain besar olahaga nasional ini juga akan menyeluruh untuk urusan hulu sampai hilir. Semua hal akan dipersiapkan mulai dari target, sasaran, hingga saran dan prasarananya.

Menpora Zainudin Amali ingin prestasi olahraga yang didapat tidak lagi ‘by accident’, melainkan membuat pabrik prestasi dengan merancang. Jadi, karena itulah bisa dikatakan dengan DBON, Indonesia berniat membangun atlet berprestasi sejak kecil.

Paradigma Indonesia dalam DBON ini juga sudah jauh menatap ke depan, bukan hanya mengejar prestasi pada level SEA Games maupun Asian Games. Tetapi sudah berorientasi pada Olimpiade maupun Paralimpiade. Dengan begitu, ajang-ajang regional hanya menjadi sasaran antara.

Dalam DBON, juga ditegaskan terdapat 14 cabang olahraga prioritas yang ditargetkan untuk bisa meraih medali di level Olimpiade ataupun Paralimpiade. Kerangka pembinaannya pun mengacu pada DBON. Menpora Amali memastikan bahwa DBON ini menjadi fondasi olahraga Indonesia.

Menpora Zainudin pun menegaskan target-target medali di ajang Olimpiade dan Paralimpide hanyalah tujuan akhirnya. Namun, yang terpenting dari DBON adalah proses. Proses membentuk atlet berprestasi sejak dini.

Logo Haornas 2021

“DBON merupakan proses dari hulu ke hilir. Bagaimana kita mencari atlet dan talenta. Kita mulai dari anak-anak yang sekolah. Kemudian kita proses, kita seleksi, lalu meningkat, meningkat, sampai hingga akhirnya berada di level atas,” ujar Menpora Zainudin saat hadiri konferens pers virtual, Rabu (8/9/2021).

“Perintah Presiden (Jokowi) kepada saya mereview total tentang ekosistem olahraga. Beliau menyampaikan kepada saya bahwa bangsa kita ini penduduknya lebih 267 juta, masa mencari talenta yang berbakat kita tidak bisa? Berarti itu ada yang salah,” tambahnya

“Makanya oleh pak presiden diminta untuk review total tentang ekosistem, pembinaan, prestasi, olahraga nasional ini. Begitulah awal mula terciptanya DBON,” tutup Menpora tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini