Liliyana Natsir: Peraih Emas Olimpiade Rio 2016 Bersama Tontowi Ahmad, Begini Kabarnya Sekarang

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 40 2460534 liliyana-natsir-peraih-emas-olimpiade-rio-2016-bersama-tontowi-ahmad-begini-kabarnya-sekarang-EViyakLGkT.jpg Liliyana Natsir legenda bulu tangkis Indonesia (Foto: Okezone/Heru Haryono)

LILIYANA Natsir adalah salah satu talenta terbaik Indonesia di bulu tangkis sektor ganda campuran. Namanya berkibar saat bertandem dengan Nova Widianto dan Tontowi Ahmad. Sekarang, Butet -sapaan akrab Liliyana- menjadi pewara talkshow bertajuk #TektokanAlaButet di youtube PB Djarum.

Sebelum terjun ke dunia youtube, Liliyana terkenal dengan kepiawaian dalam dunia tepok bulu. Sederet gelar bergengsi direngkuh Butet. Selain kerap menjadi kampiun di turnamen BWF Series, Liliyana juga pernah menjadi yang terbaik di Olimpiade, Kejuaraan Dunia, dan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir raih medali emas Olimpiade Rio 2016 (Foto: Istimewa)

Butet tiga kali ikut Olimpiade, yaitu pada 2008, 2012 dan 2016. Dia mampu merengkuh satu medali perak dan satu medali emas.

Medali perak didapatkan Liliyana saat berduet dengan Nova di Olimpiade Beijing 2008 yang berlangsung di China. Akan tetapi, Liliyana gagal mengulang prestasi serupa di Olimpiade London 2012 yang digelar di Inggris. Saat itu, Liliyana sudah berpasangan dengan Tontowi.

BACA JUGA: Di Tengah Rumor Pensiun, Greysia Polii Dapat Pesan dari Liliyana Natsir

Kegagalan di London dibayar tuntas Liliyana dengan mengukir prestasi tertinggi di Olimpiade Rio 2016 yang berlangsung di Brasil. Dia dan Tontowi mendapatkan medali emas. Momen itu terasa makin spesial karena terjadi tepat pada 17 Agustus yang merupakan hari jadi Republik Indonesia.

Seperti di Olimpiade, Liliyana pun mendapatkan gelar di Kejuaraan Dunia bersama Nova dan Tontowi. Bersama Nova, gelar juara dunia diraih Liliyana dua kali, yaitu pada 2005 dan 2007. Sementara itu, dengan Tontowi, gelar didapat pada 2013 dan 2017.

Untuk Kejuaraan Bulu Tangkis Asia, gelar pertama diraih Liliyana bersama Nova pada 2006. Sebelas tahun kemudian, Liliyana mengulang prestasi serupa bersama Tontowi.

Begitu banyak prestasi Liliyana di dunia bulu tangkis. Meski begitu, seiring umur bertambah, Liliyana pun memutuskan gantung raket pada 2019 silam.

Liliyana Natsir di Indonesia Masters 2019 (Foto: Okezone/Heru Haryono)

Wanita kelahiran Manado itu memilih Indonesia Masters 2019 sebagai panggung terakhirnya. Liliyana sayangnya gagal mengakhiri turnamen terakhirnya itu dengan gelar.

Liliyana dan Tontowi harus puas menjadi runner-up Indonesia Masters 2019. Mereka kalah dari unggulan pertama dari China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, dengan skor 21-19, 19-21, dan 16-21.

Setelah dua tahun setelah gantung raket, wanita berumur 35 tahun itu tidak bisa menjauh dari bulu tangkis. Dia menjadi pewara dalam talkshow #TektokanAlaButet di youtube PB Djarum. Dalam acara itu, Liliyana berbincang dengan para legenda bulu tangkis Indonesia. Baik sekarang maupun dulu, Liliyana tetaplah kebanggaan Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini