Jelang Paralimpiade Tokyo 2020, Muhammad Fadli Fokus Adaptasi dengan Venue Para Balap Sepeda

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 43 2458986 jelang-paralimpiade-tokyo-2020-muhammad-fadli-fokus-adaptasi-dengan-venue-para-balap-sepeda-ipmON8RwTm.jpg Muhammad Fadli Imammuddin membela Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto: Instagram/@mfadly43)

TOKYO – Atlet para balap sepeda Indonesia, Muhammad Fadli Imammuddin, menjalani latihan perdananya di lintasan Izu Velodrome, Shizuoka, Jepang. Latihan ini digelar guna mempersiapkan diri jelang mentas di Paralimpiade Tokyo 2020.

Sebagaimana diketahui, ajang Paralimpiade Tokyo 2020 memang akan segera dimulai. Tepatnya, gelaran Paralimpiade Tokyo 2020 akan digelar mulai Selasa 24 Agustus 2021.

Muhammad Fadli Imammuddin

Kini, atlet-atlet dari beragam negara, termasuk Indonesia, pun sudah mulai berdatangan ke Jepang. Mereka terus melakukan persiapan sekaligus beradaptasi dengan venue-venue yang akan digunakan. Tak terkecuali, Muhammad Fadli Imammuddin.

Dilansir dari rilis resmi Komite Paralimpiade Indonesia, Sabtu (21/8/2021), Fadli melakukan latihan perdananya di lintasan Izu Velodrome, Shizuoka. Latihan ini dilakukan pada Jumat 20 Agustus 2021.

BACA JUGA: Serang Petugas, Atlet judo Dikeluarkan dari Paralimpiade Tokyo 2020

Muhammad Fadli Imammuddin menjalani latihannya dari pukul 16.35 sampai pukul 20.00 waktu setempat. Latihan perdana tim para balap sepeda Indonesia di Izu Velodrome berjalan lancar untuk Fadli.

Dia memulai latihan dengan adaptasi kondisi trek. Kemudian, sesi latihannya dilanjutkan dengan adaptasi kondisi lintasan dengan berbagai rasio gear sesuai performance.

BACA JUGA: Jelang Pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020, Rumah Sakit Kewalahan Tampung Lonjakan Pasien Covid-19

Atlet berusia 37 tahun itu menutup latihan berdurasi tiga setengah jam dengan berputar sebanyak empat lap. Dia mencoba beradaptasi dengan berbagai rasio gear untuk mengetahui speed, rpm (putaran), heat rate (HR) dan time laps.

Adaptasi terhadap lintasan terus dilakukan olehnya untuk mendapat setelan yang tepat pada sepedanya. Hari ini seperti yang dijadwalkan, Fadli menjalani latihan keduanya di Izu Velodrome, pada pukul 13.50 sampai 17.30 waktu setempat.

Paralimpiade Tokyo 2020 merupakan kesempatan pertama Fadli berkompetisi di Paralimpiade sejak dia memutuskan menjadi atlet Para balap sepeda pada 2017. Sebelumnya, pria yang lahir di Cibinong itu adalah seorang pembalap motor profesional.

Fadli tidak diberikan target khusus oleh pemerintah. Namun dia berambisi untuk bisa tampil dengan kemampuan terbaiknya. Ayah dari dua anak itu sebelumnya mengaku bahwa ini adalah momen yang sangat dinantikannya setelah hampir satu tahun menjalani pelatihan.

Paralimpiade Tokyo 2020

Sementara itu, pelatih tim para balap sepeda Indonesia, Fadilah Umar, belum bisa memberikan gambaran lawan-lawan yang nanti akan dihadapi Fadli. Menurut informasi yang didapatnya, daftar nama atlet yang bertanding baru akan diumumkan pada Selasa, (24/8/2021).

“Kita belum tahu kekuatan lawan. Daftar nama pembalap baru akan dirilis panitia setelah check list number, license, dan control jersey di technical meeting yang akan diadakan pada Senin 24 Agustus," tutup Fadilah Umar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini